SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Keefektifan Manajemen Kelas Oleh Guru dalam Perspektif Siswa Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa di SMK Jurusan Akuntansi Se- Kota Batu

Risma Safitri

Abstrak


ABSTRAK

 

Safitri, Risma. 2017. Pengaruh Keefektifan Manajemen Kelas oleh Guru dalam Perspektif Siswa Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa di SMK Jurusan Akuntansi Se- Kota Batu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Cipto Wardoyo, S.E., M.Pd, M.Si. Ak., CA

 

Kata kunci: manajemen kelas, motivasi, prestasi

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh keefektifan manajemen kelas oleh guru dalam persepsi siswaterhadap motivasi siswa di SMK jurusan akuntansi se- Kota Batu, (2) pengaruh pengaruh keefektifan manajemen kelas oleh guru dalam persepsi siswaterhadap prestasi belajar siswa SMK jurusan akuntansi se- Kota Batu.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain Explanation Research. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMK jurusan akuntansi se- Kota Batu sebanyak 500 siswa dan samplenya sebanyak 83 siswa kelas XII akuntansi dengan teknik pengambilan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Keefektifan manajemen kelas oleh guru dalam perspektif siswa berpengaruh positif signifikan terhadap motivasi siswa (sig. sebesar 0,024 < 0,05); (2) Keefektifan manajemen kelas oleh guru dalam perspektif siswa berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar siswa (sig. sebesar 0,013 < 0,05).

Saran yang disampaikan peneliti adalah: (1) Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, sebaiknya membuat kebijakan baru untuk memberikan arahan maupun pelatihan tentang manajemen kelas yang efektif untuk proses pembelajaran siswa di kelas, (2) guru diharapkan untuk lebih memahami dan mendalami mengenai keefektifan manajemen kelas, (3) Mahasiswa kependidikan mendalami lagi tentang manajemen kelas dan dimaksimalkan agar dapat menciptakan inovasi manajemen kelas yang ideal untuk siswa dan mudah dilaksanakan oleh guru pada saat pembelajaran berlangsung.