SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Proses Sistem Pengendalian Manajemen dan Struktur Sistem Pengendalian Manajemen terhadap Partisipasi Anggaran

Yohana Fania Mardikaputri

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh proses sistem pengendalian manajemen dan struktur sistem pengendalian manajemen terhadap partisipasi anggaran dalam perusahaan yang merupakan bagian dari sistem pengendalian manajemen. Sistem pengendalian manajemen memiliki peran yang penting bagi manajemen untuk mempengaruhi anggota organisasinya agar melaksanakan strategi dan kebijakan organisasi yang efektif dan efisien. Penting bagi perusahaan untuk membuat sistem pengendalian manajemen dalam mengukur partisipasi anggaran karena dengan adanya proses dan struktur, partisipasi anggaran karyawan akan meningkat.

Penelitian ini dilakukan di TB Gramedia Asri Media cabang Malang dan Surabaya. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data dan menggunakan teknik analisis regresi linear berganda untuk mengukur pengaruh dari variabel bebas terhadap variabel terikat. Jumlah anggota populasi sebanyak 46 orang karyawan. Dengan penentuan ukuran sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin, sehingga memperoleh hasil sebanyak 41 responden yang akan dijadikan sampel dalam penelitian.

Hasil penelitian ini menyatakan bahwa proses sistem pengendalian manajemen berpengaruh positif signifikan terhadap partisipasi anggaran dan struktur sistem pengendalian manajemen berpengaruh positif signifikan terhadap partisipasi anggaran. Deskripsi penelitian menyatakan bahwa proses sistem pengendalian manajemen dan struktur sistem pengendalian manajemen sudah diterapkan dengan baik dan partisipasi anggaran dikategorikan baik.

Untuk TB Gramedia Asri Media cabang Malang dan Surabaya hendaknya dapat menciptakan sistem pengendalian manajemen yang efektif dan efisien bagi perusahaan dengan memanfaatkan proses dan struktur sistem pengendalian manajemen. Dikarenakan dua variabel tersebut mempengaruhi sebagian besar dari peningkatan partisipasi anggaran di dalam perusahaan untuk mencapai tujuan.