SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Bias Dalam Pengambilan Keputusan Penyaluran Kredit Pada Lembaga Keuangan Di Kecamatan X Kabupaten Kediri.

Novian Khulluki Rasyid

Abstrak


ABSTRAK

 

Dalam mengambil keputusan seseorang tidak terlepas dari perilaku bias. Bias ini membuat keputusan yang diambil menjadi tidak rasional, begitu pula ketika mantri mengambil keputusan untuk menyalurkan kredit atau tidak, bias yang dialami mantri tersebut meningkatkan resiko kredit macet Hasil observasi menemukan bahwa dalam mengambil keputusan, mantri cenderung mengalami bias. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami perilaku bias yang dialami oleh pengambil keputusan dalam penyaluran kredit, dalam hal ini adalah mantri yang berada pada lembaga keuangan di Kecamatan X, Kabupaten Kediri.=

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, sedangkan objek penelitan dalam penelitian ini adalah 4 mantri yang bekerja pada lembaga keuangan yang berada pada Kecamatan X, Kabupaten Kediri.      Peneliti menangkap bahwa terdapat perilaku bias yang dialami oleh mantri, perilaku tersebut meliputi excessive optimism, overconfidence, illusion of control dan status quo bias. Perilaku bias tersebut disebabkan oleh tingkat stres yang tinggi karenabeban kerja yang tinggi dan wilayah serta kondisi geografis di wilayah tersebut yang sempit, wilayah  dan kondisi geografis yang sempit tersebut menyebabkan mantri sulit untuk mendapatkan calon debitur yang akan mengajukan kredit pada bank tersebut.

Saran yang disampaikan penulis bagi peneliti lain yang melakukan penelitian yang serupa hendaknya mengkaji faktor tingkat penyaluran kredit, mencari bank yang lebih terbuka dalam hal data penyaluran kredit dan kredit macet, dan menambah objek penelitian seperti kepala kantor, debitur dan pihak lain yang terkait dengan penyaluran kredit. Agar dapat mengetahui lebih dalam tentang penyebab, dampak serta perspektif perilaku bias yang dialami oleh mantri.