SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP DOLLAR TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR TAHUN 2009-2014

imam agung wicaksono

Abstrak


ABSTRAK

 

Wicaksono, Imam Agung. 2017. Pengaruh Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dollar Terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur Tahun 2009-2014. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Ika Putri Larasati, S.E., M.Com (II) Nujmatul Laily, S.Pd., M.SA

 

Kata Kunci: Harga Saham, Perusahaan Manufaktur, Nilai Tukar Rupiah.

 

Hakikatnya, pasar modal memiliki peran penting bagi perekonomian suatu negara karena pasar modal menjalankan dua fungsi. Fungsi pertama sebagai sarana pendanaan usaha dan fungsi yang kedua adalah pasar modal dapat menjadi sarana bagi masyarakat untuk berinvestasi pada instrumen keuangan saham, obligasi, dan reksa dana. Perubahan nilai tukar rupiah terhadap dollar dapat memberikan signal kepada investor maupun calon investor dalam pengambilan keputusan investasi berupa saham pada perusahaan manufaktur. Adapun  tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh nilai tukar rupiah terhadap harga saham perusahaan manufaktur tahun 2009 – 2014.

Penelitian ini menggunakan teori persinyalan, sedangkan metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksplanasi kuantitatif (explanatory research). Metode analisis pada penelitian ini menggunakan regresi linear sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode tahun 2009-2014, yaitu sebanyak 143 perusahaan. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling.

Hasil penelitian menunjukan nilai tukar rupiah tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham perusahaan manufaktur tahun 2009-2014.

Berdasarkan hasil Penelitian, maka diajukan beberapa saran yaitu, (1) investor disarankan untuk melakukan analisis terhadap nilai tukar rupiah, namun juga perlu melihat faktor makro ekonomi  lainnya (2) penelitian selanjutnya disarankan untuk menambah variable makro ekonomi lainya.