SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Ebook Akuntansi Berbasis Mobile Learning pada Materi Pokok Laporan Laba Rugi untuk SMK

Bram Ikario Azwar

Abstrak


ABSTRAK

 

Fasilitas serta sarana dan prasarana di SMK Negeri 2 Blitar sudah memadai. Sebagian siswa akuntansi di SMK Negeri 2 Blitar juga sudah memiliki smartphone android. Namun, tidak semua guru memanfaatkan fasilitas tersebut pada pembelajaran akuntansi. Guru yang sudah menggunakan media pembelajaran, masih menggunakan media Powerpoint dengan tampilan yang masih sangat sederhana, yaitu berupa teks dan hanya disisipkan dengan beberapa gambar saja, sehingga siswa sering merasa bosan dengan media pembelajaran tersebut. Berdasarkan hal tersebut penulis termotivasi untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis mobile learning yang dapat dioperasikan pada smartphone untuk mata pelajaran Akuntansi.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau  Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall. Tahapannya ada 7 tahap yaitu: 1) Analisis Kebutuhan, 2) Pegembangan Produk, 3) Validasi Ahli, 4) Revisi I, 5) Uji Coba Lapangan, 6) Revisi II, 7) Produk Akhir. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media,  praktisi pembelajaran akuntansi yaitu guru akuntansi SMK Negeri 2 Blitar, dan uji coba terbatas ke siswa akuntansi. Media yang dikembangkan diujicobakan kepada 30 peserta didik kelas X Akuntansi di SMK Negeri 2 Blitar.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis mobile learning sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian: 1) Ahli materi diperoleh total skor 70 dengan persentase 87,5%, sehingga termasuk kategori “Sangat Layak”, 2) Ahli media diperoleh total skor 75 dengan persentase 93,75%, sehingga termasuk kategori “Sangat Layak”, dan 3) Praktisi pembelajaran akuntansi total skor 72 dengan persentase 90%, sehingga termasuk kategori “Sangat Layak”. Penilaian uji pengguna terbatas kepada 30 peserta didik mendapat total nilai 2097 dengan persentase 87,37% sehingga termasuk kategori “Sangat Layak”.

Dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis mobile learning ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran materi akuntansi perusahaan jasa. Media pembelajaran berbasis mobile learning ini bisa digunakan sebagai penunjang bagi peserta didik dalam mempelajari akuntansi perusahaan jasa. Saran yang diajukan oleh peneliti adalah agar media pembelajaran cakupan materinya ditambah agar lebih lengkap dan versi media pembelajaran perlu diupgrade ke versi berbayar agar penggunaan dapat maksimal, serta produk perlu dikembangkan ke berbagai operasi pada smarthphone selain android agar semua pengguna smartphone bisa menggunakan media pembelajaran.