SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kemandirian Belajar dan Presepsi Siswa tentang Kompetensi Profesionalisme Guru terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi

Rio Yudha Sunarto Putra

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi; (2) Pengaruh Presepsi Siswa tentang Kompetensi Profesionalisme Guru terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain Explanation Research. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 2 Blitar sebanyak 111 siswa dan sampelnya sebanyak 77 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa (sig sebesar 0,042, = 2,066 lebih besar dari = 1,665); (2) Presepsi siswa tentang kompetensi profesionalisme guru berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa (sig sebesar 0,046, = 2,026 lebih besar dari = 1,665).

Saran yang disampaikan penulis adalah; (1) Siswa diharapkan memiliki inisiatif untuk mempelajari materi-materi Akuntansi; (2) Pihak orang tua diharapkan dapat memperhatikan kegiatan belajar anaknya baik di rumah dan di luar rumah; (3)Bagi guru diharapkan selalu menjalankan dan menerapkan kompetensi keguruannya pada setiap pelaksanaan pembelajaran; (4) bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk menambahkan variabel lain yang mempengaruhi hasil belajar siswa, karena masih banyak faktor lain yang berhubungan dengan hasil belajar siswa.