SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Profitabilitas, Leverage danLikuiditas terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility pada Perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2016

Anna Juwita Situngkir

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, leverage dan likuiditas terhadap pengungkapan corporate social responsibility pada perusahaan perbankan yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2014-2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam  penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI pada tahun 2014-2016 berjumlah 43 perusahaan. Sampel dalam  penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah  reegresi linear berganda, uji koefisien determinasi, uji t dan uji f dengan bantuan program SPSS. Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi dan uji heterokedastisitas.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas yang diukur dengan ROA berpengaruh positf signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility, leverage yang diukur dengan DER berpengaruhnegatif signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility dan likuiditas yang diukur dengan LDR berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk menambah tahun penelitian, sehingga dapat menghasilkan pengungkapan yang lebih tinggi, menambah variabel lain yang diduga mempengaruhi pengungkapan CSR, misalnya ukuran perusahaan, tipe industri dan kepemilikin manajemen dan untuk meneliti pada jenis perusahaan yang berbeda, mialnya meneliti sebuah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.