SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Metode Structured Dyadic Methods (SDM) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMK Nahdlatul Ulama Bululawang kabupaten Malang

Rohmatul Salsabila

Abstrak


ABSTRAK

 

Salsabila, Rohmatul. 2018. Penerapan Metode Structured Dyadic Methods

    (SDM) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa  

    SMK Nahdlatul Ulama Bululawang Kabupaten Malang. Skripsi.

Jurusan Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas

Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sunaryanto, M. Ed (II) Dr. H.

Cipto Wardoyo, SE, M. Pd, M. Si, Ak, CA

 

Kata kunci: Pembelajaran Structured Dyadic Methods, Aktivitas, Hasil Belajar

 

Hasil observasi awal yang telah dilakukan di kelas X Akuntansi SMK Nahdlatul Ulama Bululawang menunjukan bahwa : (1) masih berpusat pada guru, (2) masih banyak siswa yang mendapat hasil belajar di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal), (3) terdapat siswa yang tidak mendengarkan penjelasan dari guru. Oleh karena itu, diperlukan sebuah model pembelajaran yang memberdayakan potensi yang dimiliki siswa sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan pada akhirnya hasil belajar siswa juga yang meningkat.

Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Structured Dyadic Methods (SDM).

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau PTK. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Nahdlatul Ulama Bululawang yang berjumlah 34 siswa. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus yang terdiri dari menyusun rancangan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan, dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data penelitian meliputi : (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan dilakukan pada saat awal sampai akhir pelaksanaan penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan SDM dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 64%  dan meningkat pada siklus II sebesar 81%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 44% dan meningkat pada siklus II sebesar 91%. Peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa ini karena siswa telah melakukan berbagai aktivitas yang terdapat pada lembar observasi secara maksimal dan sesuai dengan elemen-elemen pembelajaran kooperatif yang meliputi ketergantungan positif, tanggung jawab individu, tatap muka, komunikasi antar anggota dan evaluasi.

Berdasarkan hasil penelitian, saran yang diberikan dalam pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe SDM menjadi salah stau alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, karena memberikan ketergantungan positif antara satu siswa dan siswa lainnya dengan adanya interaksi diantara siswa untuk saling membantu dalam menguasai materi guna mencapai hasil belajar yang maksimal.