SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER AKUNTANSI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 MALANG

Citra Saptalia

Abstrak


ABSTRAK

 

Saptalia, Citra. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial pada Mata Pelajaran Komputer Akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Sulastri, S.Pd., M. SA, (2) Nujmatul Laily, S. Pd., M. SA.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Video Tutorial, Komputer Akuntansi.

 

Media pembelajaran merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan pembelajaran. Media merupakan perantara dari pengirim informasi ke penerima informasi. Informasi yang dalam hal ini adalah materi dalam kegiatan pembelajaran dapat disampaikan dalam bentuk media pembelajaran video tutorial menggunakan aplikasi screencast-o-matic. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan media pembelajaran video tutorial pada mata pelajaran Komputer Akuntansi menggunakan aplikasi screencast-o-matic dengan materi pengerjaan satu siklus akuntansi perusahaan jasa, dagang, dan manufaktur di SMK Negeri 1 Malang, 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran video tutorial pada mata pelajaran Komputer Akuntansi menggunakan asplikasi screencast-o-matic dengan materi pengerjaan satu siklus akuntansi perusahaan jasa, dagang, dan manufaktur di SMK Negeri 1 Malang.

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Prosedur pengembangan media diadaptasi dari model pengembangan Lee & Owens dengan mengambil 4 tahap, yaitu 1) Analisis Kebutuhan; 2) Desain; 3) Pengembangan; dan 4) Implementasi. Validasi dilakukan oleh seorang ahli materi yang termasuk dalam kategori Layak, seorang ahli media yang termasuk dalam kategori Sangat Layak dan pendapat peserta didik terhadap media pada hasil uji coba lapangan mendapat “Respon Positif”. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini menggunakan angket. Data yang diperoleh dari angket kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif

Kelebihan media pembelajaran video tutorial Mind Your Own Bussiness (MYOB) ini adalah 1) Sangat mudah dioperasikan; 2) Materi lengkap; 3) dikemas dalam bentuk CD untuk sarana belajar di sekolah maupun belajar mandiri. Sedangkan kekurangannya adalah 1) minimal windows 2000; 2) dapat diputar menggunakan handphone tetapi resiko tinggi karena ukuran file besar. Saran dari peneliti sebaiknya media pembelajaran ini dijadikan salah satu sumber belajar alternatif dalam proses pembelajaran dan tidak menutup kemungkinan guru sebagai pendidik dapat mengembangkan media pembelajaran video tutorial pada mata pelajaran lainnya.