SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kemandirian Belajar, Teman Sebaya dan Perhatian Orang TuaTerhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK NEGERI 2 BLITAR.

Bayu Hadi Suseno

Abstrak


ABSTRAK

 

Kata Kunci :PrestasiBelajar, KemandirianBelajar, TemanSebaya, Perhatian Orang Tua.

 

Di era yang semakin modern inibanyak guru yang resah dengan prestasi belajar siswa yang kurang memuaskan.Banyakkeluhanmunculdari guru sebabbanyakanakdidiknya yang belum bias maksimal dalam mengerjakan tugas dan ujian.Berdasarkan observasi peneliti, prestasi belajar siswa belum masih maksimal, banyaksiswa yang kurang perhatian terhadap presatasi belajar mereka.Kejadian ini terlihat di SMK Negeri 2 Blitarkelas X Kuntansi. Berdasarkanobservasi yang telahdilakukan, kurang maksimalnya prestasi belajar disebabkan kurang kemandirian belajar, pengaruhtemansebaya, dan kurangnya perhatian orang tua.Berkaitan dengan itu, maka diperlukan pembahasan mengenai pengaruh kemandirian belajar, teman sebaya dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa.

Penelitian ini adalah penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksplanasi. Tujuan penelitian ini unutk menganalisi sebagai mana pengaruh kemandirian belajar, teman sebaya, dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntan sisiswa kelas X akuntansi SMK Negeri 2 Blitar.Jumlah sampel dalam penelitian ini 89 siswadenganpopulasi 111 siswa.Analisis data dalam penelitian ini menggunakan SPSS For Windows 16 dengan tariff signifikasi 0,05.

Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa ; terdapat pengaruh positif antara kemandirian belajar, teman sebaya dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 2 Blitar.