SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH AGRESIVITAS PAJAK DAN MANAJEMEN LABA TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONBILITY (CSR) DENGAN VARIABEL KONTROL UKURAN PERUSAHAAN (StudiPada PerusahaanManufaktur Yang TerdaftarDi Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2014-2015)

Meyga Eka Sandria.

Abstrak


ABSTRAK

 

Sandria, Meyga Eka. 2017. Pengaruh Agresivitas Pajak dan Manajemen Laba Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responbility (CSR) Dengan Variabel Kontrol Ukuran Perusahaan (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2014-2015).Skripsi. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Eka Ananta Sidharta, S.E., M.M. C.A.

 

Kata Kunci: Agresivitas Pajak, Manajemen Laba, Corporate Social Responbility (CSR), Ukuran Perusahaan.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Agresivitas pajak yang diproksikan dengan ETR dan Manajemen Laba yang di proksikan dengan (NDA) Corporate Social Responsibility (CSR)  pada perusahaan yang terdaftar di BEI dengan menggunakan alat analisis statistik (regresi berganda)/OLS.

Sampel pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar diBEI. Berdasarkan metode purposive sampling, bahwa sampel yang terpilih  selama tiga periode (2013-2015) adalah 150 sampel perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tidak terdapat pengaruh agresifitas pajak terhadap tanggung jawab social perusahaan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh manajemen laba terhadap CSR. Secara simultan hasil uji statistik menunjukkan terdapat pengaruh simultan agresifitas pajak dan manajemen laba terhadap CSR (tanggungjawab social perusahaan).