SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas dan, Leverage Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan LQ45 yang Listing di BEI Periode 2012-2014

Eric Surya Anggara

Abstrak


ABSTRAK

 

Anggara, Eric Surya. 2017. Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas dan Leverage terhadap Kebijakan Dividen (Studi Empiris pada Perusahaan yang terdaftar dalam Indeks LQ-45 Tahun 2012-2014). Skripsi, Jurusan, Akuntansi, Program Studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. (1) Dr. Puji Handayati, S.E., M.M, Ak (2) Sawitri Dwi Prastiti S.E., M.Si. Ak.

 

Kata Kunci: Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Kebijakan Dividen

 

            Persaingan dunia usaha yang semakin keras, menuntut manajemen perusahaan untuk memaksimalkan nilai perusahaan. Salah satu kebijakan yang  berpengaruh terhadap nilai perusahaan adalah kebijakan dividen. Kebijakan dividen adalah kebijakan untuk menentukan berapa laba yang diperoleh perusahaan yang akan dibagikan kepada pemegang saham sebagai dividen dan yang akan digunakan perusahaan untuk investasi kembali.

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menguji pengaruh profitabilitas, likuiditas dan leverage terhadap kebijakan dividen perusahaan. Grand theory yang digunakan dalam penelitian ini adalah agency theory dan signaling theory. Kebijakan dividen diukur menggunakan dividend payout ratio. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari laporan keuangan pada perusahaan yang terdaftar dalam indeks lq45 periode 2012-2014. Penentuan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Terdapat 29 sampel pada penelitian ini dan menggunakan teknik analisis data regresi berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan profitabilitas dan likuiditas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kebijakan dividen, leverage tidak berpengaruh signifkikan terhadap kebijakan dividen. Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan menggunakan periode penelitian dalam rentang yang lebih lama, dan diharapkan menambah variabel independen agar diperoleh hasil penelitian yang lebih representatif seperti : ukuran perusahaan, kepemilikian manajerial, kepemilikan institusional, dan lain-lain.