SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Implementasi Pembelajaran Berbasis Riset di Perguruan Tinggi ( Studi di Jurusan Akuntansi Universitas Negeri Malang)

Heni Marheni.,

Abstrak


ABSTRAK

 

Marheni, Heni  2018. Implementasi  Pembelajaran Berbasis Riset di Perguruan Tinggi (Studi di Jurusan Akuntansi Universitas Negeri Malang). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Nujmatul Laily, S.Pd., M.SA.

 

Kata Kunci: Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Riset, Dosen,

 

                        Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dipaparkan secara deskriptif melalui wawancara mendalam.  Informasi dalam penelitian ini diperoleh dari informan. Informan dalam penelitian ini adalah 4 dosen jurusan Akuntansi dan 3 mahasiswa jurusan Akuntansi. Tempat penelitian berada di Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.

                        Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat diambil kesimpulan Implementasi Pembelajaran Berbasis Riset di Jurusan Akuntansi Universitas Negeri Malang  dapat dijelaskan dalam beberapa poin antara lain, salah satu dosen sebagai informan telah menggunakan metode pembelajaran berbasis riset. Model yang digunakan adalah dengan menggunakan penelitian sebagai bahan ajar yang tercantum pada silabus pada matakuliah dan mengaplikasikan pada kegiatan pembelajaran . Informan lain  menggunakan penelitian sebagai referensi pendukung pada bahan ajar yang tercantum pada silabus tetapi tidak diaplikasikan pada proses pembelajaran.

                        Berdasarkan paparan implementasikan Pembelajaran berbasis riset Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dapat dikatakan bahwa pembelajaran tersebut lebih mengarah pada model pembelajaran berbasis riset  memperkaya bahan ajar dengan hasil penelitian dosen. Hanya saja implementasinya belum maksimal oleh dosen. Kendala belum maksimal implementasi pembelajaran berbasis riset menurut responden disebabkan karena belum dipersiapkan mulai dari komitmen lembaga/ visi misi Jurusan Akuntansi, sarana prasarana yang belum memadai di jurusan akuntansi sesuai kebutuhan pembelajaran berbasis riset, SDM (Sumber Daya Manusia) yaitu pendidik dan tenaga pendidikan yang belum mempersiapkan kea rah pembelajaran berbasis riset. Selain itu, dalam penerapan pembelajaran berbasis riset seorang pendidik/dosen tentu pula harus mempertimbangkan mata kuliah yang diajarkan, karena tidak semua disiplin ilmu di Jurusan Akuntansi tepat dan efektif jika diterapkan menggunakan metode pembelajaran berbasis riset.