SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Due Professional Care, Gender, Pengalaman Terhadap Kualitas Audit. ( Studi Empiris pada KAP di Surabaya)

Soraya Verdiana Sari Verdiana Sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Soraya Verdiana. 2017. Pengaruh Due Professional Care, Gender, Pengalaman Terhadap Kualitas Audit, Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Yuli Widi Astuti, S.E., M.Si., Ak.

 

Kata kunci: Due Professional Care, Gender, Pengalaman, Kualitas Audit.

 

Akuntan publik didalam masyarakat dipandang sebagai pihak yang paling independen dan objektif dalam memeriksa laporan keuangan klien. Adapun tugas akuntan publik yakni memeriksa laporan keuangan  dan memberikan opini atas kewajaran laporan keuangan klien berdasarkan standar yang telah ditentukan oleh Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI). Pada kenyataannya banyak skandal keuangan yang melibatkan akuntan publik, sehingga turunnnya kepercayaan masyarakat terhadap profesi akuntan publik, namun tidak selalu kegagalan audit karena unsur kesengajaan auditor. Oleh karena itu akuntan publik harus memperhatikan kualitas audit yang dihasilkan, sehingga akuntan publik mampu meminimalisir kecurangan (fraud) yang  dilakukan manajemen dan memberikan informasi yang andal dan relevan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  due professional care, gender dan pengalaman terhadap kualitas audit pada KAP di kota Surabaya. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan menggunakan alat analisis regresi linear berganda melalui aplikasi SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan variabel due professional care dan pengalaman berpengaruh signifikan positif sebesar 30.667. Pada variable gender auditor perempuan lebih berpengaruh terhadap kualitas audit daripada auditor laki-laki, karena pada penelitian ini jumlah responden auditor perempuan lebih dominan. Sedangkan jika secara parsial variabel due professional care berpengaruh positif sebesar 5.832, dan variabel pengalaman juga berpengaruh positif sebesar 2.894. Dari penjelasan tersebut maka disimpulkan bahwa hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa baik secara simultan maupun parsial variabel due professional care dan pengalaman berpengaruh terhadap kualitas audit.