SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

DAMPAK SUNSET POLICY TERHADAP PENERIMAAN PAJAK DAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MENYAMPAIKAN/MEMBETULKAN SPT (STUDI DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA BLITAR)

ANGGINA DIAZTIKA

Abstrak


ABSTRAK

 

Diaztika, A., 2009, Dampak Sunset Policy Terhadap Penerimaan Pajak Dan Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Menyampaikan/Membetulkan SPT (Studi Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Blitar). Tugas Akhir, Program Studi Diploma III Akuntansi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang.

 

Kata kunci : Sunset Policy, Pajak, Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT)

Pajak merupakan pembayaran Wajib Pajak kepada negara untuk kelangsungan hidup suatu negara dalam melaksanakan pembangunan di segala bidang yang sifatnya wajib. Sedangkan Sunset Policy adalah sebuah kebijakan yang memberikan pengurangan atau penghapusan sanksi administrasi pajak berupa bunga, yang diharapkan mampu membawa dampak terhadap peningkatan penerimaan negara. Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui dampak Sunset Policy terhadap penerimaan pajak dan kepatuhan Wajib Pajak dalam menyampaikan/membetulkan SPT. Selain itu Tugas Akhir ini juga bertujuan untuk mengetahui Klasifikasi pengguna Sunset Policy di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Blitar. Metode analisa yang digunakan adalah metode deskripsi eksploratif yaitu metode pemecahan masalah dengan cara memberi deskripsi serta mengeksplorasi data-data yang diperoleh dalam penelitian. Berdasarkan analisa data dapat diketahui bahwa pengguna Sunset Policy terbesar di KPP Blitar adalah pedagang eceran. Selain itu, program Sunset Policy berdampak meningkatkan penerimaan pajak dan meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak dalam menyampaikan/ membetulkan SPT.

Kantor Pelayanan Pajak Pratama Blitar dalam meningkatkan minat Wajib Pajak dalam melakukan kewajiban perpajakan, disarankan memberikan hadiah kepada Wajib Pajak yang patuh menjalankan kewajiban perpajakan, melakukan sosialisasi Sunset Policy dengan tokoh-tokoh penting bagi masyarakat. Selain itu Kantor Pelayanan Pajak Pratama Blitar harus selektif dan memusatkan perhatiannya untuk menggali potensi pajak di bidang perdagangan, pemberlakuan program Sunset Policy untuk jenis Wajib Pajak yang lain seperti Wajib Pajak PBB, PPnBM, PPN. Pelayanan yang baik kepada Wajib Pajak juga harus ditingkatkan.