SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan Media Timeline untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XII IPS 2 MAN Trenggalek Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017

rikha lilafatu rohmaya

Abstrak


ABSTRAK

 

Rohmaya, Rikha, Lilafatu. 2017. Penggunaan Media Timeline untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XII IPS 2 MAN Trenggalek Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Mashuri, M.Hum.

 

Kata Kunci: timeline, hasil belajar, mata pelajaran sejarah

 

Peneliti mendapatkan masalah rendahnya hasil belajar di kelas XII IPS 2. Berdasarkan data yang diperoleh siswa berdiskusi menggunakan slide presentasi, namun penggunaan media tersebut masih kurang maksimal.  Hal itu diketahui dari observasi yang telah dilakukan sebelumnya. Siswa terlihat jenuh, bosan dan kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran di jam pelajaran terakhir. Nilai rata-rata ulangan harian kelas XII IPS 2 pada saat kelas XI banyak yang belum mencapai  KKM, data tersebut dapat diketahui dari buku presensi dan evaluasi kegiatan kurikuler siswa. Nilai KKM mata pelajaran sejarah di MAN Trenggalek adalah 70. Nilai ulangan harian pertama semester genap kelas XI hanya 1 siswa saja yang dapat melampaui KKM dengan presentase 3,2% dan rata-rata nilainya 38 dari 31 anak. Nilai ulangan harian kedua terdapat 3 siswa yang dapat mencapai KKM dengan presentase 9,7%, dan rata-rata nilainya yaitu 46 dari 31 siswa.

Solusi yang ditawarkan oleh peneliti untuk mengatasi masalah tersebut ialah dengan menggunakan media timeline. Tujuan penelitian ini adalah (1) menerapkan media timeline dalam pembelajaran sejarah kelas XII IPS 2 MAN Trengalek, (2) mengetahui hasil belajar siswa kelas XII IPS 2 melalui penggunaan media timeline. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas dengan rincian prosedur penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XII IPS 2 MAN Trenggalek. Data yang diambil adalah data kegiatan pembelajaran menggunakan media timeline, wawancara, data hasil belajar siswa setelah menggunakan media timeline, dan dokumen pendukung penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ini diketahui bahwa (1) penerapan media timeline dalam pembelajaran sejarah berjalan lancar dan dapat meningkatkan keaktifan serta hasil belajar siswa. (2) Terjadi peningkatan hasil belajar yang diketahui dari nilai pra tindakan, siklus I dan siklus II. Hal ini dilihat dari  persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sejumlah 54,83% meningkat 50% dari pra penelitian dengan rata-rata nilai kelas siklus I yaitu 68,16. Hasil belajar tersebut meningkat pada pelaksanaan siklus II. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus II yaitu 80,65% meningkat sejumlah 25,82% dari siklus I dengan rata-rata nilai kelas 78,83. Melihat uraian hasil yang diperoleh,  pembelajaran sejarah menggunakan media timeline dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII IPS 2 MAN Trenggalek. Terdapat saran kepada peneliti lain agar menyusun timeline lebih menarik lagi dan menggunakanya dengan model pembelajaran yang lain.