SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Peristiwa Politik Demosntrasi 4 November 2016 Terhadap Abnormal Return Dan Abnormal Volume Saham LQ45 Bursa Efek Indonesia

Dewi Wulandari

Abstrak


ABSTRAK

 

Wulandari, Dewi. 2017.Pengaruh Peristiwa Politik Demonstrasi 4 November 2016 Terhadap Abnormal Return Dan Abnormal Volume Saham LQ45 Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof.Dr. Bambang Sugeng,S.E.,M.A.,M.M.,Ak.

 

Kata Kunci :Studi Peristiwa, Signaling theory, Efisiensi pasar ,Abnormal return, Abnormal volume, Demonstrasi 4 November 2016

 

Peristiwa sosial politik merupakan salah satu peristiwa yang mampu memberikan pengaruh terhadap pasar modal. Apabila suatu peristiwa yang memiliki kandungan informasi, maka oleh investor informasi tersebut akan digunakan sebagai dasar dalam melakukan analisis investasi. Dalam penelitian ini, peristiwa yang diuji kandungan informasinya terhadap reaksi pasar modal adalah peristiwa politik demonstrasi 4 November 2016.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari peristiwa politik demonstrasi 4 November 2016 terhadap abnormal return maupun abnormal volume.

Penelitian ini menggunakan pendekatan event study untuk menguji kandungan informasi.Populasi penelitian ini adalah seluruh data keuangan perusahaan yang masuk dalam indeks LQ-45 di BEI tahun 2016. Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 45 perusahaan. Data yang digunakan adalah data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif di karenakan merupakan penelitian terhadap keseluruhan populasi. Panjang periode pengamatan yaitu selama 15 hari yang terhitung 7 hari sebelum peristiwa, 1 hari pada saat peristiwa berlangsung, dan 7 hari setelah peristiwa.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa  peristiwa politik demonstrasi 4 November 2016 memberikan pengaruh negatif terhadap abnormal return dan memberikan pengaruh positif terhadap abnormal volume. Saran yang dapat diberikan untuk penelitian selanjutnya adalah agar mempertimbangkan untuk memperpanjang periode pengamatan atau memperpendek periode penagamatan agar rekasi agar reaksi atas pengumuman atau peristiwa dapat lebih tercermin. Kemudian, sebaiknya menggunakan sampel lain serta sebaiknya memperhatikan efek pengganggu (confounding effect) untuk menghindari kemungkinan pengambilan kesimpulan yang bias akibat bercampurnya pengaruh dari peristiwa lain yang tidak diteliti.