SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Debt to Equity Ratio, Firm Size, dan Pertumbuhan Laba terhadap Pertumbuhan Dividen Perusahaan Indeks LQ45 di BEI tahun 2014-2016

virmey mustika fitriya budi

Abstrak


ABSTRAK

 

Budi, Virmey Mustika Fitriya. 2017. Pengaruh Debt to Equity Ratio, Firm Size, dan Pertumbuhan Laba terhadap Pertumbuhan Dividen Perusahaan Indeks LQ45 di BEI tahun 2014-2016. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Bambang Sugeng, S.E., M.A., M.M., Ak.

 

Kata Kunci: Debt to Equity Ratio, Firm Size, Pertumbuhan Laba, Pertumbuhan Dividen, Free Cash Flows

 

Investor yang menanamkan modalnya tentu mengharapkan keuntungan investasi berupa dividen dan capital gain. Pertumbuhan dividen positif dari tahun ke tahun itulah yang menjadi harapan investor. Namun, pada dasarnya pertumbuhan dividen merupakan hal yang penuh ketidakpastian. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dividen. Faktor-faktor inilah yang diharapkan mampu untuk memprediksi pertumbuhan dividen. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah rasio struktur modal, ukuran perusahaan, dan pertumbuhan laba berpengaruh terhadap pertumbuhan dividen.

Penelitian ini untuk mengetahui apakah pertumbuhan dividen sebagai variabel dependen dipengaruhi oleh variabel independen (debt to equity ratio, firm size, dan pertumbuhan laba) secara parsial. Dalam penelitian ini populasi meliputi perusahaan yang go public yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang masuk ke dalam indeks LQ45 tahun 2014 sampai dengan 2016. Sampel yang digunakan dipilih dengan metode purposive sampling, dengan kriteria yang ditentukan diperoleh data sampel sejumlah 32 perusahaan dengan laporan keuangan selama 4 tahun yaitu tahun 2013 sampai dengan 2016 Analisis data yang digunakan dalam peneltian ini adalah analisis regresi berganda. Dengan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan variabel debt to equity ratio, firm size, dan pertumbuhan laba berpengaruh terhadap pertumbuhan dividen. Secara parsial variabel firm size dan pertumbuhan laba mempunyai pengaruh terhadap pertumbuhan dividen sehingga dapat digunakan perusahaan untuk memprediksi pertumbuhan dividen. Sedangkan variabel debt to equity ratio tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan dividen. sehingga tidak dapat digunakan untuk memprediksi pertumbuhan dividen.