SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Umur Listing, dan Jenis Industri terhadap Tingkat Keluasan Pengungkapan Sukarela (Studi Empiris pada Perusahaan Publik di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2015)

Arhamedho Akbar Panotonagoro R.

Abstrak


ABSTRAK

 

Kebutuhan informasi oleh pengguna laporan keuangan mendorong perusahaan-perusahaan untuk melakukan perubahan pendekatan bisnis dengan penekanan lebih besar terhadap kebutuhan pengguna laporan keuangan dan pemangku kepentingan (stakeholder). Salah satu cara yang dapat dilakukan perusahaan untuk mengungkapkan laporan adalah dengan memanfaatkan internet. Keberadaan internet memberikan manfaat yang besar dan pengaruh yang sangat signifikan terhadap penyebarluasan informasi perusahaan kepada pengguna laporan dan pemangku kepentingan (stakeholder).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, umur listing, dan jenis industri terhadap tingkat keluasan pengungkapan sukarela melalui Internet Financial Reporting (IFR). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.dengan metode eksplanatoris. Populasi penelitian ini adalah semua perusahaan publik di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015. Sampel penelitian ini adalah 45 perusahaan yang berasal dari industri manufaktur, dan nonmanufaktur dan termasuk dalam kelompok LQ-45. Sampel dipilih dengan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan regresi linier berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, profitabilitas, umur listing, dan jenis industri tidak berpengaruh terhadap tingkat keluasan pengungkapan sukarela.