SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Metode Pemberian Tugas Berbasis Inkuiri Terhadap Mata Pelajaran Akuntansi Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas X AK di SMKN 1 Turen

Ari - Afriyawan

Abstrak


ABSTRAK Afriyawan, Ari. 2010. Pengaruh Metode Pemberian Tugas Berbasis Inkuiri Terhadap Mata Pelajaran Akuntansi Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas X AK di SMKN 1 Turen. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Hj. Endang Sri Andayani, S.E, M.Si, Ak., (II) Drs. Cipto Wardoyo, S.E, M.Pd, M.Si, Ak. Kata Kunci : Metode Pemberian Tugas Berbasis Inkuiri, Prestasi Belajar. Efektivitas suatu sistem pembelajaran sangat tergantung pada metode pembelajaran yang digunakan. Metode pemberian tugas berbasis inkuiri merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, karena siswa diajak dan dipaksa untuk dapat menyelesaikan tugas yang diberikan melalui siklus yang ditetapkan. Siklus inkuiri menjadikan siswa sebagai pelaku aktif dalam belajar melakukan penelitian, sehingga siswa berani bereksplorasi dalam penemuan dan pemecahan masalah yang mendorong siswa untuk berfikir dan bekerja atas inisiatifnya sendiri, bersikap objektif, jujur dan terbuka dalam menyelesaikan tugas yang diberikan. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dicobakan metode pembelajaran melalui pemberian tugas berbasis inkuiri pada kelas X.2 jurusan akuntansi SMK Negeri 1 Turen, dengan tujuan penelitian untuk mengetahui prestasi belajar siswa yang ditinjau dari ranah kognitif dan ranah afektif siswa pada mata pelajaran akuntansi yang diajar melalui metode pemberian tugas berbasis inkuiri lebih baik dari prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan metode konvensional (ceramah dan tanya-jawab). Pembahasan materi pada penelitian ini dibatasi pada persamaan dasar akuntansi dan laporan keuangan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan tujuan melihat nilai post tes dan ranah afektif akhir siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.2 jurusan akuntansi SMK Negeri 1 Turen yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X.1 jurusan akuntansi SMK Negeri 1 Turen yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol. Analisis data yang dilakukan meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji t.
Hasil analisis diperoleh tingkat signifikansi (0,000) < (0,05) untuk prestasi belajar yang ditinjau dari ranah kognitif dan signifikansi (0,000) < (0,05) untuk prestasi belajar yang ditinjau dari ranah afektif siswa. Berdasarkan nilai
ii
signifikansi yang diperoleh dapat disimpulkan bahw Ho ditolak dan H1 diterima yang berarti ada perbedaan peningkatan yang signifikan terhadap prestasi belajar baik dari ranah kognitif maupun ranah afektif siswa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran melalui pemberian tugas terstruktur berbasis inkuiri. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, maka kesimpulan dari penelitian ini menyatakan kelas yang diajar melalui pemberian tugas berbasis inkuiri memiliki prestasi belajar yang ditinjau dari ranah kognitif maupun ranah afektif yang lebih baik dari kelas yang diajar dengan menggunakan metode ceramah dan tanya-jawab, sehingga disarankan untuk menggunakan metode pemberian tugas berbasis inkuiri sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran yang dapat diterapkan.