SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG FASILITAS KOMPUTER, COMPUTER ATTITUDE (SIKAP TERHADAP KOMPUTER), DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI MYOB KELAS XI AKUNTANSI SMK KEPANJEN

Inria Yuni Irawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Hasil belajar komputer akuntansi MYOB yang dicapai siswa merupakan hasil dari berbagai faktor yang mempengaruhinya, yaitu faktor internal dan eksternal. Hasil belajar merupakan tolak ukur dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang fasilitas komputer, computer attitude, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar komputer akuntansi siswa kelas XI akuntansi SMK Kepanjen. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 60 siswa kelas XI Akuntansi SMK Kepanjen. Berdasarkan propotional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persepsi siswa tentang fasilitas komputer secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar komputer akuntansi MYOB siswa kelas XI Akuntansi SMK Kepanjen, (2) Computer attitude secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar komputer akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK Kepanjen, dan (3) motivasi belajar secara parsial berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar komputer akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK Kepanjen.

Saran yang disampaikan oleh peneliti adalah: bagi sekolah hendaknya melengkapi fasilitas yang ada khususnya untuk media pembelajaran komputer akuntansi, bagi guru hendaknya lebih memotivasi siswa dan bagi peneliti lain yang melakukan penelitian sejenis hendaknya menambah indikator dan variabel baru sehingga dapat memperluas cangkupan penelitian.