SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN EBOOK PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI UNTUK SISWA KELAS X AKUNTANSI DI SMK ISLAM BATU

Parasdya Pandhu Andanawarih

Abstrak


ABSTRAK

 

Fasilitas serta sarana dan prasarana di SMK Islam Batu sudah memadai. Sebagian siswa akuntansi di SMK Islam Batu juga sudah memiliki smartphone android. Namun, tidak semua guru memanfaatkan fasilitas tersebut pada pembelajaran akuntansi. Guru yang sudah menggunakan media pembelajaran, masih menggunakan media Powerpoint dengan tampilan yang masih sangat sederhana, yaitu berupa teks dan hanya disisipkan dengan beberapa gambar saja, sehingga siswa sering merasa bosan dengan media pembelajaran tersebut. Berdasarkan hal tersebut penulis termotivasi untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Sigil yang dapat dioperasikan pada smartphone untuk mata pelajaran Akuntansi.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau  Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE. Tahapannya ada 5 tahap yaitu: 1) Analysis (Analisis), 2) Design (Perancangan), 3) Development (Pengembangan), 4) Implementation  (Implementasi), dan 5) Evaluation  (Evaluasi),  namun hanya dilaksanakan hingga tahap keempat, yaitu Implementasi. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media,  praktisi pembelajaran akuntansi yaitu guru akuntansi SMK Islam Batu, dan uji coba terbatas ke siswa akuntansi. Media yang dikembangkan diujicobakan kepada 25 peserta didik kelas X Akuntansi di SMK Islam Batu.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis sigil sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian: 1) Ahli materi diperoleh total skor 72 dengan persentase 90%, sehingga termasuk kategori "Sangat Layak", 2) Ahli media diperoleh total skor 75 dengan persentase 93,76%, sehingga termasuk kategori "Sangat Layak", dan 3) Praktisi pembelajaran akuntansi total skor 73 dengan persentase 91,26%, sehingga termasuk kategori "Sangat Layak". Penilaian uji pengguna terbatas kepada 30 peserta didik mendapat total nilai 2082 dengan persentase 86,75% sehingga termasuk kategori "Sangat Layak".

Dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis sigil ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran materi akuntansi perusahaan jasa. Media pembelajaran berbasis sigil ini bisa digunakan sebagai penunjang bagi peserta didik dalam mempelajari akuntansi perusahaan jasa. Saran yang diajukan oleh peneliti adalah agar media pembelajaran cakupan materinya ditambah agar lebih lengkap dan versi media pembelajaran perlu diupgrade ke versi berbayar agar penggunaan dapat maksimal, serta produk perlu dikembangkan ke berbagai operasi pada smarthphone selain android agar semua pengguna smartphone bisa menggunakan media pembelajaran.