SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

MEMAHAMI PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA GURU AKUNTANSI

Rivky Eric Prastia

Abstrak


ABSTRAK

 

Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti di SMK PGRI Turen dan SMK Widya Dharma Turen Kabupaten Malang, diketahui bahwa pelaksanaan keterampilan pendekatan saintifik belum semua guru melakukanya dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sebagaimana pemahaman, penerapan, dan kendala-kendala yang ditemui guru serta upaya mengatasinya dalam penerapan pendekatan saintifik SMK PGRI Turen dan SMK Widya Dharma Turen Kabupaten Malang pada Jurusan Akuntansi.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian studi kasus kualitatif dengan tinjauan dari sisi pemahaman dan pelaksanaan oleh guru dalam pelaksanaan pendekatan saintifik. Peranan peneliti dalam penelitian sebagai human instrumen dan guru sebagai informan. Teknik dalam pelaksanaan penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Langkah analisis data dalam penelitian ini yaitu tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan simpulan, verifikasi, dan saran. Pemeriksa keabsahan temuan peneliti menggunakan teknik triangulasi. Tahap-tahap penelitian dalam penelitian ini yaitu pendahuluan, pelaksanaan, analisis data, dan penyusunan laporan penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah memahami langkah-langkah dan penerapan tentang pembelajaran dengan menggunakan saintifik. Guru sudah melaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/ mencoba, mengasosiasi/ menalar, dan mengkomunikasikan. Keterampilan tersebut tidak semua dilaksanakan siswa dalam kegiatan pembelajaran menyesuaikan dengan materi pembelajaran. Guru juga sudah memberikan motivasi dan mendampingi siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik.

Berdasarkan  hasil  penelitian  dapat  disimpulkan  bahwa guru Program Keahlian Akuntansi di SMK PGRI Turen dan SMK Widya Dharma Turen Kabupaten Malang memiliki pemahaman dalam pendekatan saintifik. Guru selalu memberikan motivasi siswa, medampingi siswa saat ada kesulitan, dan membentuk kelompok belajar untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Adapun kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dalam pendekatan saintifik yaitu kendala non teknis yang berkaitan dengan cara mengajar guru dan kendala teknis yang berkaitan dengan alat pembantu pembelajaran. Upaya guru dalam mengatasi kendala yaitu membiasakan diri dalam pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan selalu bertukar pendapat antar guru.