SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PROFESIONALITAS DAN KREATIVITAS GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Lia Adelina

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh persepsi siswa tentang profesionalitas guru terhadap prestasi belajar siswa; (2) Pengaruh persepsi siswa tentang kreativitas guru terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain Eksplanatory Research. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Kepanjen Malang sebanyak 202 siswa. Sedangkan sampel penelitian sebanyak 135 siswa dengan teknik pengambilan Simple Random Sampling. Pengumpulan data persepsi siswa tentang profesionalitas dan kreativitas guru dilakukan dengan angket, sedangkan untuk prestasi belajar menggunakan dokumentasi yang diperoleh dari nilai UTS Semester Ganjil 2017/2018.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (16) Persepsi siswa tentang profesionalitas guru berpengaruh positif signifikan  terhadap prestasi belajar siswa, dimana berdasarkan uji yang dilakukan secara parsial diperoleh nilai thitung > ttabel (7,214 > 1,656) dan nilai signifikasi (0,01 < 0,05); (2) Persepsi siswa tentang kreativitas guru berpengaruh positif signifikan  terhadap prestasi belajar siswa, dimana berdasarkan uji yang dilakukan secara parsial diperoleh nilai thitung > ttabel (6,047 > 1,656) dan nilai signifikasi (0,01 < 0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh positif dan signifikan persepsi siswa tentang profesionalitas guru terhadap prestasi belajar siswa serta  ada pengaruh positif dan signifikan persepsi siswa tentang kreativitas guru terhadap prestasi belajar siswa.

Saran yang disampaikan penulis adalah (1) Diharapkan kepada guru untuk selalu meningkatkan profesionalitasnya agar dalam melaksanakan tugas dapat semakin baik sehingga prestasi belajar siswa semakin meningkat; (2) Diharapkan kepada guru sebagai tenaga pendidik untuk lebih mempersiapkan kegiatan pembelajaran yang aktif dan tidak membosankan, dan juga jenis-jenis pembelajaran yang bervariasi, sehingga dapat menumbuhkan hasrat dan keinginan yang tinggi pada siswa dalam mengikuti pembelajaran karena untuk mencapai prestasi belajar yang tinggi, diperlukan kreativitas guru yang tinggi pula; (3) Bagi siswa diharapkan tetap semangat dan selalu aktif dalam proses pembelajaran untuk meraih prestasi yang lebih baik.