SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Abu-abu Pengelolaan Keuangan Organisasi Mahasiswa: Kecurangan dalam Laporan Pertanggungjawaban

Lutfi Wahyu Hidayati

Abstrak


ABSTRAK

 

Hidayati, Lutfi Wahyu. 2017. Abu-abu Pengelolaan Keuangan Organisasi Mahasiswa: Kecurangan dalam Laporan Pertanggungjawaban. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Dodik Juliardi, S.E., M.M., Ak.

 

Kata Kunci: kecurangan, laporan pertanggungjawaban, segitiga kecurangan.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan keuangan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) X pada proses pelaporan laporan pertanggungjawaban (LPJ) dan permasalahannya.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus. Prosedur pengumpulan data pada penelititan ini menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Wawancara dilakukan kepada Ketua, Sekertaris, Bendahara dan Mantan Ketua.

Hasil penelitian ini menunjukkan terjadi tindakan kecurangan pada proses pelaporan LPJ yaitu memalsukan tanda tangan, membuat nota fiktif dan membuat stempel palsu. Kecurangan tersebut masuk pada kategori kecurangan laporan keuangan dan penyelewengan nilai aset. Penelitian ini menggunakan teori segitiga kecurangan dalam mendeskripsikan faktor penyebab kecurangan yang ada. Faktor penyebab terjadi kecurangan yang pertama adalah adanya tekanan, membutuhkan dana, mengikuti aturan, dan waktu yang mepet. Faktor kedua adalah adanya kesempatan, kesempatan yang dimaksud adalah kurangnya pengendalian dan bantuan dari pihak universitas. Faktor terakhir yaitu rasionalisasi, mereka menganggap bahwa tindakan yang dilakukan sudah wajar, tujuannya untuk kepentingan bersama dan sudah menjadi kebiasan dari tahun sebelumnya.