SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Karakteristik Psychographic terhadap Perilaku Perilaku Investor dalam Pengambilan Keputusan Investasi

Ayu Fitria

Abstrak


ABSTRAK

 

Fitria, Ayu. 2017. Pengaruh Karakteristik Psychographic terhadap Perilaku Perilaku Investor dalam Pengambilan Keputusan Investasi. Skripsi, Jurusan S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Satia Nur Maharani, S.E., M.SA., Ak.

 

Kata kunci: perilaku investor, psychographic, pengambilan keputusan investasi

 

Pasar modal merupakan salah satu komponen penting dalam pembangunan perekonomian suatu negara. Perkembangan pasar modal di Indonesia semakin pesat seiring berlanjutnya waktu. Hal tersebut mengindikasikan bahwa semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya investasi. Dalam rangka melaksanakan kegiatan investasi tersebut investor perlu mengambil keputusan investasi seperti membeli, menjual, atau mempertahankan saham yang dimilikinya. Terdapat berbagai faktor yang dapat mempengaruhi investor dalam pengambilan keputusan, diataranya: berita, informasi, politik, risiko keamanan, kebijakan, rumor, pasar global, kondisi psikologis investor,dll.

Teori behavioral finance dalam menganilisis investasi mensinergikan faktor psikologis dan ilmu keuangan. Teori ini mempelajari bagaimana investor dalam melakukan investasi dipengaruhi oleh faktor-faktor psikologis. Salah satu psikologis tersebuat ialah psychographic yang terdapat beberapa macam indikator baik AIO maupun VALS. Pada penelitian ini hanya mengambil  variabel AIO yang terdapat 3 indikator di dalamnya, yaitu self confidence dan debt avoidence. Hal tersebut dikarenakan investor dalam melakukan investasi tidak hanya menggunakan estimasi atas prospek instrumen investasi, tetapi faktor psikologi sudah ikut menentukan investasi tersebut. Sedangkan perilaku investor dalam penelitian ini menggunakan 3 indikator yaitu moderate, conservative dan agressive.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan memperoleh bukti empiris karakteristik psychographic terhadap perilaku investor dalam pengambilan keputusan investasi saham. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan data primer yang didapatkan dari jawaban kuesioner online maupun offline. Sampel penelitian ini ialah 107 investor yang tergabung dalam bebrapa komunitas di Kota  Malang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data yang dilakukan dengan uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis dengan metode crosstab dan chi-square.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) self confidence tidak berpengaruh terhadap perilaku investor dalam pengambilan keputusan investasi saham, (2) debt avoidence tidak berpengaruh terhadap perilaku investor dalam pengambilan keputusan investasi saham. Dari hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa investor dalam pengambilan keputusan seharusnya melihat dari beberapa aspek dan lebih melihat resiko apa yang akan diterima dari sebuah pengambilan keputusan tersebut. Keputusan investor dalam berinvestasi masih dipengaruhi oleh feeling dan keadaan masing-masing dari investor sehingga tidak dapat diprediksi perilaku dari masing-msing investor kedepannya dalam pengambilan keputusan investasi.