SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Hasil Belajar Akuntansi dengan metode Mastery Learning (Belajar Tuntas) pada Siswa Kelas X Akuntansi SMK PGRI Sumberpucung

anggi kusuma rini

Abstrak


ABSTRAK

 

Kusuma, Anggi. 2013. Peningkatan Hasil Belajar Akuntansi dengan metode Mastery Learning (Belajar Tuntas) pada Siswa Kelas X Akuntansi SMK PGRI Sumberpucung. Skripsi, Program Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri malang. Pembimbing: (I) Dr. Cipto Wardoyo, S.E., M.Pd., M.Si., Ak dan (II) Sawitri Dwi Prastiti, S.E., M.Si., Ak

 

Kata Kunci: Hasil belajar, Penelitian Tindakan Kelas, Metode Mastery Learning

 

Keaktifan peserta didik merupakan hal yang sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar yang perlu diperhatikan oleh pendidik, sehingga proses belajar mengajar yang ditempuh akan mendapatkan hasil yang optimal. Apalagi pembelajaran Akuntansi yang dimulai dari hal-hal yang sifatnya umum ke hal-hal yang sifatnya khusus dan harus memperhatikan urutan dari beberapa konsep. Berkaitan dengan itu diperlukan metode yang lebih baik daripada metode konvesional. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode Mastery Learning (Belajar Tuntas). Metode Mastery Learning merupakan proses belajar mengajar yang bertujuan agar bahan ajar dapat dikuasai secara tuntas oleh peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan cara-cara pembelajaran menggunakan metode Mastery Learning (Belajar Tuntas) hasil dari penelitian tersebut.

Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK PGRI Sumberpucung. Pengambilan datanya berasal dari (1) hasil tes, (2) hasil pengamatan terhadap langkah-langkah pembelajaran. Data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif komparatif dan analisis data kualitatif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas merupakan penelitian tindakan yang dilakukan untuk memperbaiiki mutu praktik pembelajaran di kelas. Rancangan penelitian yang digunakan peneliti menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart.

Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan hasil penelitian adalah hasil belajar siswa kelas X Akuntansi SMK PGRI Sumberpucung mengalami peningkatan setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metode Mastery Learning (Belajar Tuntas)