SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pemaknaan Perubahan Puskesmas X Menuju BLUD oleh Aktor Puskesmas X (Ditinjau dari Aspek Perubahan Pelayanan dan Akuntansi)

Rizda Yuritsuni Firdausi

Abstrak


ABSTRAK

 

Firdausi, Rizda Yuritsuni. 2017. Pemaknaan Perubahan Puskesmas X Menuju Badan Layanan Umum Daerah oleh Aktor Puskesmas X (Ditinjau dari Aspek Perubahan Pelayanan dan  Akuntansi). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Sri Pujiningsih, S.E., M.Si., Ak.

 

Kata kunci: pemaknaan, Puskesmas X, BLUD

 

Penelitian ini bertujuan untuk memahami: (1) pemaknaan aktor Puskesmas X mengenai perubahan organisasi Puskesmas X menjadi BLUD yang ditinjau dari aspek perubahan pelayanan dan perubahan akuntansi.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan termasuk penelitian studi kasus. Data dikumpulkan dengan metode wawancara semiterstruktur, observasi terus terang, dan dokumentasi. Peneliti bertindak sebagai human instrument. Data dianalisis dengan menggunakan model Miles & Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Untuk menjaga keabsahan temuan, peneliti meningkatkan ketekunan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktor Puskesmas X yang tidak berhubungan langsung dengan pelaporan keuangan cenderung menerima BLUD, sedangkan aktor Puskesmas X yang terlibat langsung dengan pelaporan keuangan cenderung menolak BLUD.

Dinas Kesehatan sebagai agen perubahan hendaknya segera menangani dan mencegah penolakan/perlawanan terhadap rencana perubahan organisasi Puskesmas X melalui komunikasi dan aksi. Puskesmas X hendaknya juga memberi pelatihan para bendaharanya mengenai akuntansi BLUD dan merekrut akuntan untuk mempercepat proses perubahan sistem anggaran dan sistem akuntansi Puskesmas.