SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kecerdasan Spiritual Terhadap Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Fakultas ekonomi jurusan akuntansi Universitas Negeri Malang

Selvia kumalla

Abstrak


ABSTRAK

 

Kumalla, Selvia. 2017. Pengaruh Keccerdasan Spiritual Terhadap Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing: Dr. Eka Ananta Sidharta, S.E., M.M., Ak., CA. Malang: Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Negeri Malang.

 

Kata kunci: Kecerdasan Spiritual, Pemahaman Akuntansi.

 

Penelitian mengenai kecerdasan spiritual telah banyak dilakukan. Kecerdasan spiritual dalam penelitian ini dikaitkan dengan pemahaman akuntansi. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa akuntansi dapat diteliti dari sudut pandang yang bermacam macam termasuk dari sisi kecerdasan spiritual. Selama ini penelitian dalam bidang akuntansi lebih didominasi oleh penelitian dalam bidang pasar modal, keuangan, manajemen, biaya. Padahal akuntansi juga dapat diteliti melalui fenomena sosial.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan spiritual terhadap pemahaman Akuntansi pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan 2 variabel independen yaitu Enam Prinsip Kecerdasan Spiritual Islami Berdasarkan Rukun Iman (X.1), Kecerdasan Spiritual Islami Dikaitkan God Spot Pada Hati (X.2) dan 1 variabel dependen yaitu Pemahaman Akuntansi (Y). Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa S1 Akuntansi tahun 2014 Universitas Negeri Malang. Sampel penelitian ini berjumlah 10% dari subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan kuisioner dengan menggunakan skala likert antara 1 sampai 5 dengan menggunakan analisis regresi berganda menggunakan SPSS 21.

Hasil dari penelitian ini adalah, secara parsial hanya kecerdasan spritual dikaitkan God Spot pada hati yang mempengaruhi pemahaman akuntansi yag diuktika dengan variabel X.1 tidak berpengaruh terhadap variabel Y dikarenakan nilai signifikansi sebesar 0,665 (diatas 0,05). Sedangkan variabel X.2 berpengaruh terhadap variabel Y dikarenakan nilai signifikansi sebesar 0,000 (dibawah 0,05). Secara simultan kecerdasan spritual Islami berdasarkan rukun Iman dan kecerdasan spritual Islami dikaitkan God Spot pada hati secara simultan berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi yang dibuktikan oleh kedua variabel X berpengaruh terhadap Y sebesar 0,000 (dibawah 0,05). Adjusted R Square dalam penelitian ini sebesar 0,678 yang artinya seluruh variabel X memiliki pengaruh terhadap Y sebesar 67,8% sisanya sebesar 32,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa variable yang paling dominan adalah kecerdasan spritual berdasarkan God Spot pada hati.Saran-saran yang dapat disampaikan sehubungan dengan keadaan dan permasalahan yang dihadapi adalah perlunya  memberikan  tanbahan  pelatihan,  khususnya  pelatihan tentang  pengembangan  diri dan pengetahuan tentang agama serta spritualitas kepada  mahasiswa.