SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Anggaran Partisipatif dan Keadilan Prosedural Terhadap Kinerja Manajerial Dengan Informasi Akuntansi Manajemen Sebagai Variabel Moderating Pada PDAM Surya Sembada Kota Surabaya

Nabila Novia Satyari

Abstrak


ABSTRAK

Novia Satyari, Nabila. 2017. Pengaruh Anggaran Partisipatif dan Keadilan Prosedural Terhadap Kinerja Manajerial Dengan Informasi Akuntansi Manajemen Sebagai Variabel Moderating Pada PDAM Surya Sembada Kota Surabaya. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hj. Puji Handayati, S.E., Ak., M.M, CA, CMA.

 

Kata Kunci:  Anggaran Partisipatif, Keadilan Prosedural, Informasi Akuntansi Manajemen, Kinerja Manajerial

 

Anggaran partisipatif dan keadian prosedural merupakan pendekatan manajerial yang umumnya dinilai dapat meningkatkan efektivitas organisasional melalui peningkatan kinerja setiap anggota organisasi secara individual atau kinerja manajerial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh anggaran partisipatif dan keadilan prosedural terhadap kinerja manajerial. Penelitian ini juga menguji apakah informasi akuntansi manajemen memoderasi pengaruh anggaran partisipatif dan keadilan prosedural terhadap kinerja manajerial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif karena menekankan pada pengujian teori-teori melalui pengukuran variabel varibel penelitian dengan kuesioner dan melakukan analisis data dengan prosedur statistik.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh manajer yang bekerja di PDAM Surya Sembada Kota Surabaya.Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode sensus dengan sampel sebanyak 40 responden.Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, analisis regresi berganda dan Moderate Regression Analysis (MRA)dengan bantuan softwar estatistik SPSS 16.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anggaran partisipatif berpengaruh positif terhadap kinerja manajerial, keadilan prosedural berpengaruh positif terhadap kinerja manajerial, informasi akuntansi manajemen memoderasi pengaruh anggaran partisipatif terhadap kinerja manajerial, dan informasi akuntansi manajemen memoderasi pengaruh keadilan prosedural terhadap kinerja manajerial.Keterbatasandalampenelitianiniyaitunilaikoefisiendeterminasi (R2) menunjukkan 0,425atau42,5% kinerja manajerial dipengaruhi oleh anggaran partisipatif dan keadilan prosedural, sedangkansisanya57,5% kinerja manajerial dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar penelitian ini.