SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Sistem Kompensasi, Anggaran Partisipatif dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Komitmen Organisasi (Studi pada Kantor Bank Konvensional di Kota Kediri)

Puspa Ratri Prajnasari

Abstrak


ABSTRAK

Prajnasari. Puspa Ratri. 2017. Pengaruh Sistem Kompensasi, Anggaran Partisipatif dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Komitmen Organisasi (Studi pada Kantor Bank Konvensional di Kota Kediri). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Sri Pujiningsih , S.E., M.Si. , Ak.

 

Kata Kunci:    Sistem Kompensasi, Anggaran Partisipatif, Gaya Kepemimpinan. Komitmen Organisasi.

 

I           ndustri perbankan merupakan salah satu jenis industri yang saat ini dihadapkan pada iklim persaingan ketat, kompleks dan perubahan lingkungan bisnis yang cepat. Persaingan menjadi semakin tajam seiring dengan masuknya bank-bank asing yang turut memperebutkan nasabah pada pasar yang sama. Bank asing mempunyai sejumlah kelebihan dalam hal reputasi, pilihan produk yang inovatif, dan kuatnya jaringan global. Untuk itu, sumber daya manusia merupakan kunci utama penggerak roda kemana arah organisasi perbankan nantinya. Salah satu aspek yang perlu memperoleh perhatian ekstra dalam bidang SDM adalah komitmen karyawan pada organisasi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem kompensasi, anggaran partisipatif dan gaya kepemimpinan terhadap komitmen organisasi di kantor bank konvensional di Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif karena menekankan pada pengujian teori-teori melalui pengukuran variabel-varibel penelitian dengan kuesioner dan melakukan analisis data dengan prosedur statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah beberapa pegawai bank pada empat kantor bank konvensional di Kota Kediri. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode simple random sampling dengan sampel sebanyak 120 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan bantuan software statistik SPSS 16.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial (t-test), sistem kompensasi, anggaran partisipatif dan gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi di kantor bank konvensional di Kota Kediri. Keterbatasan dalam penelitian ini yaitu responden belum bisa menggambarkan kondisi riil yang sebenarnya, dikarenakan peneliti hanya mampu menjangkau pada manajemen level bawah saja.Saran bagi kantor bank konvensional di Kota Kediri agar manajemen SDM lebih memperhatikan fasilitas yang dibutuhkan oleh karyawannya. Selain itu, komunikasi antara pimpinan dengan bawahan perlu lebih ditingkatkan lagi, agartercipta suasana kerja yang kondusif, sehingga karyawan mampu meningkatkan kualitas kerjanya, dan diharapkan organisasi akan mencapai tujuannya dengan lebih mudah.