SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Penyelesaian Penyajian Laporan Keuangan Pada Perusahaan LQ-45 Periode 2005-2008

ARIESSA KURNIAWAN

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Kurniawan, Ariessa. 2009 Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Penyelesaian Penyajian Laporan Keuangan Pada Perusahaan LQ-45 Periode 2005-2008. Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Makaryanawati, SE, M. Si, Ak., (II) Dra. Hj. Endang Sri A, SE, M. Si, Ak.,

 

Kata kunci : Rasio Gearing, Profitabilitas, Solvabilitas, Umur Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Struktur Kepemilikan Institusional, Penyajian Laporan Keuangan.

 

Laporan keuangan adalah merupakan salah satu sumber informasi yang sering digunakan oleh pengguna laporan keuangan untuk kepentingan bisnis. Manfaat informasi keuangan akan bermanfaat jika disajikan secara tepat waktu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh rasio gearing, profitabilitas, solvabilitas, ukuran perusahaan, umur perusahaan, dan struktur kepemilikan institusional  terhadap penyajian laporan keuangan. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan lq-45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2005-2008. Penelitian ini berupa penelitian asosiatif. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan lq-45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2005-2008. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu perusahaan yang  berturut-turut masuk dalam kategori lq-45 pada tahun 2005-2008. Data yang digunakan adalah data sekunder, berupa laporan keuangan yang dipublikasikan pada Indonesian Capital Market Directory. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi berganda.

Hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan variabel rasio gearing, ukuran perusahaan dan Struktur kepemilikan institusional berpengaruh signifikan terhadap penyajian laporan keuangan. Hal ini menunjukkan bahwa ketiga variabel ini merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi manajer perusahaan di dalam penyajian laporan keuangan. Dengan menggunakan signifikansi sebesar 5% secara parsial variabel rasio gearing, ukuran perusahaan dan Struktur kepemilikan institusional berpengaruh signifikan, sedangkan profitabilitas, solvabilitas dan umur perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap penyajian laporan keuangan.

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan untuk penelitian berikutnya menggunakan variabel bebas lain seperti opini auditor, kualitas pengendalian intern dan lainnya. Disarankan juga memperpanjang periode penelitian.


Teks Penuh: DOC