SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Prosedur dan Kebijkan Pemberian Kredit Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero),Tbk. Kantor Cabang Pembantu Turen-Malang

NIA HERAWATI

Abstrak


ABSTRAK
 
 
Herawati, Nia.  2009.     Analisis Prosedur dan Kebijkan Pemberian Kredit Pada
PT.  Bank  Rakyat  Indonesia  (Persero),Tbk.  Kantor  Cabang
Pembantu  Turen-Malang.  Tugas  Akhir,  Jurusan  Akuntansi.
Universitas  Negeri  Malang.  Pembimbing  :  Dra.  Dyah  Aju
Wardani,M.Si.Ak
 
Kata Kunci :  Kebijakan, Prosedur pemberian kredit.
 
Bank  sebagai  lembaga  keuangan  keberadaannya  semakin  penting  sajalan
dengan meningkatnya  kebutuhan  akan  jasa-jasa perbankan bagi masyarakat. PT.
Bank Rakyat  Indonesia  (Persero), Tbk. Kantor Cabang Pembantu Turen-Malang
adalah salah satu  jenis bank yang bentuk usahanya selain menghimpun dana dari
masyarakat  juga  menyalurkan  dana  kepadan  masyarakat  dalam  bentuk  kerdit.
Bank  juga  mempunyai  risiko  yang  sangat  besar  yakni  tunggakan  kerdit,  untuk
menghidari hal tersebut diperlukan suatu kebijakan dan prosedur yang baik dalam
pemberian kredit.
Penulisan  Tugas  Akhir  ini  bretujuan  untuk  mengetahui  prosedur  dan
kebijakan  pemberian  kredit  pada  PT.  Bank  Rakyat  Indonesia  (Persero),  Tbk.
Kantor  Cabang  Pembantu  Turen-Malang.  Metode  pemecahan  masalah  yang
digunakan adalah metode deskriptif kualitatif.
Dari  Tugas Akhir  ini  dapat  diketahui  bahwa  prosedur  pemberian  kredit
PT.  Bank  Rakyat  Indonesia  (Persero),  Tbk.  Kantor  Cabang  Pembantu  Turen-
Malang.  Pada  umunnya  sudah  baik.  Karena  prosedur  pemberian  kredit  telah
menerapkan sistem kehati-hatian dalam pemberian kredit. Terutama mereka telah
menerapkan  prinsip  5’ C pada  analisa  kredit  yang mencakup  analisa  character,
capacity,  capital,  collateral,  condition  of  economic.  Selain  itu  alur  prosedur
pemberian kredit pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Kantor Cabang
Pembantu  Turen-Malang.  Telah  mencerminkan  pemberian  kredit  yang  sesuai ii
 
dengan ketentuan kebijakan penyaluran kredit yang bertolak ukur pada keputusan
Bank  Indonesia  dan  PT BRI  Pusat. Penerapan  kebijakan Kerdit  pada PT. Bank
Rakyat  Indonesia  (Persero), Tbk. Kantor Cabang Pembantu Turen-Malang.  Juga
baik.  Adapun  kebijakan  dalam  penyaluran  kerdit  pada  PT.  BRI  yakni  syarat
pengajuan kerdit, batas kewenangan pemberian kredit, suku bunga kredit, sanksi
yang  diberikan  semuanya  sesuai  dengan  peraturan  yang  ditetapkan  .
pengunggakan  kredit  yang  terjadi  disebabkan  oleh  kegagalan  usaha  debitur,
adanya  itikat  yang  tidak  baik  dari  debitur,  pengawasan  eksternal  yang  belum
maksimal  dari  pihak  bank  dan  factor  lain  diluar  kreditur  dan  debitur.  Maka
diperlukan  tindakan  untuk  menekan  terjadinya  penunggakan  kerdit  antara  lain
pelaksanan inspeksi on the spot dan pembinaan debitur.
Berdasarkan  hasil  kesimpulan,  saran  yang  diberikan  pada  penulisan  ini
yaitu hendaknya dalam menganalisis pemberian kredit, pihak PT. BRI khususnya
pihak  Account  Officer  lebih  meningkatkan  ketelitian  dan  keobjektifannya,  dan
terus  meningkatkan  kualitas  Sumber  Daya  Manusianya  sehingga  dapat
mempertajam  analisis-analisis  yang  dilakukan  serta  dapat  lebih  meningkatkan
kinerja dari bagian  terkait. Perlu dujalin  kerjasama  yang baik  antara pihak bank
dengan debiturnya agar dapat tercipta suatu keterbukaan antara kedua belah pihak,
dengan  kerjasama  ini  dapat membantu bank  dalam  pencapaian  tujuan  di  bidang
perkerditan. Pelaksanaan  prosedur dan  kebijakan  yang dilakukan oleh PT. Bank
Rakyat  Indonesia  (Persero), Tbk. Kantor Cabang Pembantu Turen-Malang sudah
baik  dan  hendaknya  lebih  ditingkatkan  lagi  karena  semakin  kecil  tingkat  Non
Performing Loan maka penilaian kesehatan bank akan semakin baik.