SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH RELEVANSI TEMPAT PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG) DENGAN PROGRAM KEAHLIAN DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA (studi pada program keahlian akuntansi kelas III Turen-Malang)

MARINA CANDRANINGSIH

Abstrak


ABSTRAK

 

Marina, Candraningsih. 2010. "Pengaruh Relevansi Tempat Pendidikan Sistem Ganda (PSG) dengan Program Keahlian dan Kebiasaan Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa  (Studi Pada Program Keahlian Akuntansi Kelas III SMKN 01  Turen-Malang)". Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Bpk Dr. Tuhardjo, S.E., M.Si., AK. Pembimbing II Ibu Makaryanawati, S.E., M.Si., AK.

 

Kata Kunci: Relevansi  tempat pendidikan sistem ganda (PSG) dengan program 
            keahlian,   kebiasaan belajar, motivasi belajar siswa.

 

Dalam rangka menyiapkan SDM yang berperan aktif dalam pembangunan, pemerintahan melalui Depdiknas berupaya meningkatkan peranannya melalui berbagai kebijakan pendidikan. Pendidikan kejuruan merupakan salah satu jenis pendidikan yang bertugas mengembangkan SDM dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga kerja guna menyukseskan pembangunan nasional. 

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menjelaskan ada tidaknya pengaruh relevansi tempat PSG dengan  program keahlian terhadap motivasi belajar siswa kelas III AK, (2) Menjelaskan ada tidaknya pengaruh kebiasaan belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas III AK, (3) Menjelaskan seberapa besar pengaruh relevansi tempat PSG dengan program keahlian dan kebiasaan belajar secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas III AK SMKN 01 Turen-Malang.

Penelitian ini termasuk eksplanasi yang menggunakan pendekatan survey. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III AK di SMKN 01 Turen-Malang sebanyak 87 siswa, masing-masing kelas III Ak 1 berjumlah 44 dan III AK 2 berjumlah 43, sampel yang diambil sebanyak 44 siswa dengan teknik pengambilan sampel adalah propotional random sampling. Instrumen penelitian ini adalah angket.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan terdapat pengaruh secara signifikan antara relevansi pendidikan sistem ganda (PSG) dengan program keahlian dan kebiasaan belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas III Ak di SMKN 01 Turen-malang. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Sig t


Teks Penuh: DOC PDF