SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH RETURN ON ASSET (ROA) DAN LOAN TO DEPOSIT RATIO (LDR) TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2005-2007

ERIK SUSILOWATI

Abstrak


ABSTRAK

 

Susilowati, Erik. 2010. Pengaruh Return On Asset (ROA), dan Loan To Deposit Ratio (LDR) terhadap Return Saham pada Perusahaan Perbankan yang Listing di bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2005-2007. Skripsi. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Nurika Restuningdiah, S.E., M.Si,. Pembimbing (2) Triadi Agung Sudarto, S.E, Ak., M.Si,

Kata kunci : Return On Asset (ROA), Loan To Deposit Ratio (LDR) dan Return Saham.

Tujuan umum dari perusahaan adalah meningkatkan nilai perusahaan. Diukur dari kinerja keuangan perbankan, banyak variabel yang dapat digunakan untuk menentukan kinerja keuangan perbankan, diantaranya adalah Return On Asset (ROA) dan Loan To Deposit Ratio (LDR). Semakin efisien penggunaan rasio LDR maka nilai perusahaan juga akan semakin baik. Sedangkan semakin tinggi ROA akan meningkatkan nilai perusahaan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ROA dan LDR berpengaruh secara parsial maupun secara simultan terhadap return saham pada perusahaan perbankan yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2005-2007.

Jenis penelitian ini adalah penelitian assosiatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah ROA (X1), dan variabel LDR (X2) sebagai variabel bebas dan return saham (Y) sebagai variabel terikatnya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan perbankan yang terdapat di Bursa Efek Indonesia (BEI), sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan tehnik purposive sampling.

Penelitian ini menggunakan 10 perusahaan perbankan yang dijadikan sampel. Pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data digunakan adalah analisis regresi berganda dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial bahwa variabel ROA (X1) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Rerurn saham (Y).dan bahwa variabel LDR (X2) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Return saham.(Y). sedangkan secara simultan bahwa seluruh variabel ROA, dan LDR secara bersama-sama tidak berpengaruh terhadap Return saham.

Berdasarkan hasil penelitian ini ada beberapa saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan menambahkan tahun pengamatan. namun dengan memilih sampel yang mempunyai nilai  return saham, dan menambahkan variabel lain yaitu arus kas operasi, dan ukuran perusahaan yang dapat dimasukkan sebagai variabel dalam penelitian ini.