SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar (Modul) dan Cara Belajar Siswa terhadap Prestasi Siswa Akuntansi di SMK Negeri 1 Turen

silvi nofrianti

Abstrak


ABSTRAK

Nofrianti, Silvi. 2009. "Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar (Modul) dan Cara Belajar Siswa terhadap Prestasi Siswa Akuntansi di SMK Negeri  1 Turen". Skripsi, program studi pendidikan akuntansi jurusan akuntansi fakultas ekonomi universitas negeri malang. Pembimbing: (1) Drs. H. Sumadi, SE. M.M., (II) Ika Putri Larasati, SE. M.com.

Kata kunci: Penggunaan Bahan Ajar Modul, Cara Belajar dan Prestasi Siswa.

Modul merupakan alat atau sarana pembelajaran yang berisi materi, metode, batasan-batasan, dan cara mengevaluasi yang dirancang secara sistematis dan menarik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan sesuai dengan tingkat kompleksitasnya. Pembelajaran dengan modul adalah penggunaan bahan ajar modul dalam proses belajar mengajar di kelas yang memberikan kesempatan belajar secara mandiri kepada siswa dengan kecepatan dan cara belajar masing-masing. Cara belajar adalah kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh siswa pada suatu situasi sebagai bentuk usaha belajar yang dilakukan. Cara belajar siswa meliputi persiapan belajar, cara mengiluti pelajaran, dan cara mengikuti ujian.

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan penggunaan bahan ajar modul, cara belajar siswa dan prestasi belajar siswa akuntansi di SMK Negeri 1 Turen, (2) menganalisis pengaruh positif yang signifikan dari variabel X1 terhadap Y, (3) menganalisis pengaruh positif yang signifikan dari variabel X2 terhadap Y, (4) menganalisis pengaruh positif yang signifikan dari variabel X1 dan X2 terhadap Y.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian asosiatif atau hubungan dengan rancangan ex post facto, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Variabel dalam penelitian ini meliputi dua variabel bebas yaitu penggunaan bahan ajar modul (X1) dan cara belajar siswa (X2), dan satu variabel terikat yaitu prestasi belajar siswa(Y).

Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Turen, dengan populasi seluruh siswa kelas XI Jurusan Akuntansi tahun ajaran 2009/2010 dengan jumlah 78 siswa. Pengambilan sampil menggunakan teknik propotional random sampling, yaitu 50% dari jumlah populasi.. Analisis yang digunakan untuk mengolah data adalah analisis regresi ganda, dengan syarat terpenuhinya uji asumsi klasik.

Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa variabel (X1) terbukti mempengaruhi variabel (Y) secara positif signifikan (menolak Ho, menerima Ha), dan variabel (X2) terbukti mempengaruhi variabel (Y) secara positif signifikan (menolak Ho, menerima Ha). Sehingga variabel (X1) dan variabel (X2) terbukti mempengaruhi secara simultan terhadap variabel (Y).

Saran peneliti ini adalah: (1) Untuk sekolah yang menerapkan pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar modul, sebaiknya menetapkan standar pembuatan modul untuk setiap mata pelajaran, (2) Untuk peneliti selanjutnya hendaknya mengamati secara langsung proses pembelajaran dengan modul di dalam kelas. Dengan cara tersebut peneliti dapat mengetahui bagaimana guru menerapkan pembelajaran modul, bagaimana siswa menggunakan modul, dan bagaimana cara belajar siswa di dalam kelas.