SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Reaksi Investor Atas Pengungkapan Sosial Dalam Laporan Tahunan Perusahaan (Studi pada Perusahaan Food & Beverage yang Listing di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007)

khalifatunnisa khalifatunnisa

Abstrak


ABSTRAK

 

Khalifatunnisa. 2009.  Reaksi Investor Atas Pengungkapan Sosial Dalam Laporan Tahunan Perusahaan (Studi pada Perusahaan Food & Beverage yang Listing di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007). Skripsi.  Program Studi S1 Akuntansi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Sawitri Dwi Prasatiti, SE., MSi., Ak., (II) Hj. Yuli Widiastuti, SE., MSi., Ak.

 

Kata Kunci:    Pengungkapan Sosial, Reaksi Investor

 

Dalam melakukan investasi, investor mempunyai beberapa pertimbangan dalam menanamkan modalnya pada suatu perusahaan, yaitu melihat kinerja perusahaan serta rasa aman investor mengenai resiko yang akan terjadi. Untuk melihat hal itu, investor harus mengetahui kondisi perusahaan saat ini dengan cara mengetahui informasi mengenai kondisi perusahaan bersangkutan sehingga dapat membantu investor dalam mengambil keputusan. Pengungkapan sosial merupakan salah satu informasi yang dimaksud. Kandungan informasi yang dikeluarkan oleh perusahaan akan sangat berpengaruh terhadap reaksi investor di pasar modal. Untuk mengetahui lebih jauh bagaimana pengaruh Pengungkapan sosial terhadap reaksi investor maka dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan harga saham antara sebelum dan setelah pengungkapan sosial (social disclosure) dalam laporan tahunan perusahaan Food & Beverage yang listing di BEI, (2) perbedaan abnormal return saham sebelum dan setelah pengungkapan sosial (social disclosure) dalam laporan tahunan perusahaan Food & Beverage yang listing di BEI, (3) perbedaan volume perdagangan saham antara sebelum dan setelah pengungkapan sosial (social disclosure) dalam laporan tahunan perusahaan Food & Beverage yang listing di BEI.

Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah  studi peristiwa (event study), yaitu jenis studi yang mempelajari dampak dari sebuah peristiwa tertentu yang informasinya dipublikasikan sebagai suatu pengumuman. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan makanan dan minuman (Food and Beverage) yang listing di Bursa Efek Indonesia pada periode 2007 sebanyak 19 perusahaan dan sampelnya adalah 19 perusahaan yang memnuhi kriteria yang ditentukan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder, berupa tema-tema pengungkapan sosial perusahaan yang diteliti, yang dikumpulkan dengan metode dokumentasi. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan pengujian normalitas dengan Uji Kolmogorov Semirnov dan homogenitas data dengan uji Chi-Square. Analisis data menggunakan pendekatan statistik melalui uji t yaitu analisis uji beda dua sampel berpasangan yang disebut dengan Paired Sample T-Test.

Hasil penelitian adalah (1) Tidak perbedaan antara indeks harga saham sebelum pengungkapan sosial dengan indeks harga saham sesudah pengungkapan sosial Perusahaan Food & Beverage yang listing di BEI Periode 2007, (2) Tidak perbedaan antara abnormal return saham sebelum pengungkapan sosial dengan indeks abnormal return saham sesudah pengungkapan sosial Perusahaan Food & Beverage yang listing di BEI Periode 2007, (3) Terdapat perbedaan antara trading volume activity sebelum pengungkapan sosial dengan trading volume activity sesudah pengungkapan sosial Perusahaan Food & Beverage yang listing di BEI Periode 2007. Disarankan (1) dilakukan penelitian yang mengacu pada teori Political Economy Theory yang dapat melihat reaksi atas permintaan stakeholder, juga dapat menjelaskan beberapa laporan akuntansi dipandang sebagai dokumen sosial, politik dan ekonomi, (2) selain aspek sosial dan lingkungan perlu memasukkan aspek ekonomi, serta memasukkan faktor-faktor lainnya yang dapat mempengaruhi investor dalam pengambilan keputusan investasi.