SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Gaya Belajar (Learning Style) dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Turen Tahun Ajaran 2016/2017.

Hardy Nugroho Susanto

Abstrak


ABSTRAK

 

Ada dua faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu gaya belajar dan lingkungan belajar. Gaya belajar siswa kelas X IPS SMAN 1 Turen berbeda-beda, terlihat dari cara mereka melihat guru dengan konsentrasi penuh, ada yang mencoret-coret buku, serta terdapat beberapa siswa belum dapat menyerap, mengatur dan mengolah informasi yang diberikan guru sehingga mempengaruhi hasil belajar. Selain itu, lingkungan belajar berpengaruh juga terhadap hasil belajar siswa. Kelas X IPS memiliki latar belakang lingkungan belajar yang berbeda-beda karena ada beberapa siswa berasal dari Turen dan dari luar Turen.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :(1) Pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS SMAN 1 Turen.(2) Pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMAN 1 Turen.(3) Pengaruh gaya belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMAN 1 Turen.

Jenis penelitian yang digunakan eksplanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMAN 1 Turen yang berjumlah 127 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 96 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proportional random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Ada pengaruh positif dan signifikan antara gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi.

Saran peneliti adalah bagi guru, dalam menyampaikan materi guru sebaiknya menggunakan metode yang bervariasi dan menciptakan suasana yang kondusif dan menyenangkan. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan bisa menambah variabel lain seperti variabel fasilitas belajar, motivasi belajar  dan minat belajar untuk memberikan kontribusi terhadap variabel hasil belajar, karena fasilitas, motivasi dan minat yang baik akan meningkatkan perkembangan dan keinginan belajar siswa yang akan berdampak pada peningkatan hasil belajar.