SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adventure Game untuk Pelajaran Akuntansi Kelas X SMK pada Materi Siklus Perusahaan Jasa

Achmad Furqon Alfath

Abstrak


ABSTRAK

 

Alfath, Achmad Furqon. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adventure Game untuk Pelajaran Akuntansi Kelas X SMK pada Materi Siklus Perusahaan Jasa. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Nujmatul Laily, S.Pd., M.SA.

 

Kata Kunci: media pembelajaran, adventuregame, smartphone, android

 

            Media pembelajaran saat ini perlu adanya inovasi supaya dapat mengikuti perkembangan teknologi dan akan memudahkan siswanya untuk belajar. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan serta menguji kelayakan media pembelajaran akuntansi berbasis adventure game dalam smartphone yang menggunakan sistem operasi android.

Penelitian ini menggunakan model pengembangan dari Borg & Gall (1983)yang disederhanakan menjadi lima tahapan,yaitu: (1) tahap awal; (2) tahap desain; (3) tahap validasi; (4) tahap revisi; dan (5) tes lapangan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan data kuantitatif serta data kualitatif.Data kuantitatif diperoleh dari hasil angket pengujian yang dilakukan oleh peneliti, data kualitatif berdasarkan kritik dan saran yang diperoleh dari validator sebagai pertimbangan untuk melakukan revisi. Analisis data kuantitatif menggunakanteknikdeskriptifpersentase, sedangkan analisis data  kualitatif berdasarkan kritik dan saran validator.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, ahli media menyatakan media pembelajaran berbasis adventure game sangat valid dan sangat layak digunakan dengan persentase 98,7%. Ahli materi menyatakan media pembelajaran berbasis adventure game sangat valid dan sangat layak digunakan dengan persentase 86,3%. Berdasarkan hasil uji coba terhadap siswa kelas X Akuntansi di SMK Muhhamadiyah 3 Singosari, hasil analisis data menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis adventure game sangat valid dan sangat layak digunakan dengan persentase 88%.