SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Locus of Control Dan Skeptisisme Profesional Auditor Terhadap Audit Judgment (Studi Empiris Pada Auditor Kantor Akuntan Publik di Malang)

Ranita Irmanda Putri Samudra

Abstrak


ABSTRAK

 

Peran auditor sebagai pihak netral dan independen sangat dibutuhkan dalam menumbuhkan dan meningkatkan kepercayaan para pemakai informasi laporan keuangan. Auditor bertanggungjawab dalam pelaksanaan audit serta mendapatkan dan mengevaluasi bukti mengenai asersi tersebut tentang kegiatan-kegiatan dan kejadian-kejadian ekonomi untuk meyakinkan tingkat keterkaitan antara asersi tersebut dengan kriteria yang telah ditetapkan, serta mengomunikasikan hasilnya kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Dalam  memberikan opini terhadap kewajaran sebuah laporan keuangan, seorang auditor harus memiliki sikap skeptis untuk bisa memutuskan atau menentukan sejauhmana tingkat keakuratan dan kebenaran atas bukti-bukti maupun informasi dari klien. Penerapan tingkat skeptisisme dalam audit sangatlah penting karena dapat memengaruhi efektivitas dan efisiensi audit. Di samping itu auditor harus mempunyai locus of control yang lebih cenderung internal daripada eksternal, agar meminimalisir kecurangan atau asimetri informasi Semakin meningkatnya kebutuhan publik akan profesi auditor adalah kaitannya dengan konsep agency theory yang menunjukkan bahwa profitabilitas terjadinya konflik kepentingan yang besar antara manajemen sebagai pihak yang membuat dan menyajikan laporan keuangan dengan para pengguna dari laporan keuangan tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh internal locus of control, eksternal locus of control, skeptisisme profesional auditor terhadap audit judgment. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah auditor yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik Kota Malang. Penelitian ini menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner, yang disebarkan kepada sampel yaitu senior auditor sebanyak 38 auditor. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresis berganda dengan taraf signifikansi yang digunakan (a) yaitu 0,05.

 

Berdasarkan analisis data diperoleh hasil yang menunjukkan: 1) internal locus of control berpengaruh negatif terhadap audit judgment, 2) eksternal locus of control tidak berpengaruh terhadap audit judgment, 3) skeptisisme profesional auditor berpengaruh secara signifikan terhadap audit judgment. Hasil penelitian ini juga menunjukkan nilai Adjusted R Square adalah sebesar 0,245 atau 25%.  Hal ini menunjukkan bahwa variabel internal locus of control, eksternal locus of control, dan skeptisisme profesional auditor hanya bisa menjelaskan 25% variasi variabel audit judgment