SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

IDENTIFIKASI PEMBELAJARAN AKUNTANSI PROGRAM KEAHLIAN KEUANGAN SMK MUHAMMADIYAH 2 MALANG

Herdwijayanti Herdwijayanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Herdwijayanti.2017. Identifikasi Pembelajaran Akuntansi Program Keahlian Keuangan SMK Muhammadiyah 2 Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:  Dr. H. Cipto Wardoyo, S.E., M.Pd., M.Si., Ak, CA.

 

Kata Kunci : identifikasi, pembelajaran akuntansi, keuangan.

Kualitas pembelajaran dianggap berkualitas bila berhasil mengubah sikap, perilaku, dan keterampilan peserta didik dikaitkan dengan tujuan pendidikannya. Penelitian ini dilaksanakan bertujuan mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup proses perencanaan pembelajaran akuntansi dan proses pelaksanaan serta kendala dalam pembelajaran akuntansi mata pelajaran komputer akuntansi di SMK Muhammadiyah 2 Malang. Perencanaan pembelajaran merupakan sebuah usaha untuk menjalankan proses pelaksanaan pembelajaran agar dapat berjalan dengan baik sehingga hasil yang diperoleh sesuai apa yang diharapkan.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian studi kasus, peneliti terjun langsung ke lapangan untuk mengamati dan menggali data dari objek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan triangulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data, penyajian data dan verifikasi data serta pengambilan kesimpulan.

 

Berdasarkan hasil analisis data diperoleh beberapa simpulan penelitian sebagai berikut (1) perencanaan pembelajaran akuntansi mata pelajaran komputer akuntansi di SMK Muhammadiyah 2 Malang telah memenuhi aspek-aspek perencanaan yang telah disusun; (2) guru dapat mengatasi siswa yang kurang antusias dengan membuat perencanaan yang sesuai dengan kondisi siswa karena setiap siswa mempunyai karakter yang berbeda-beda; dan (3) proses pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan telah sesuai dengan perencanaan yang disusun sehingga tujuan yang ditentukan dapat tercapai.