SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Prestasi Belajar dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XII SMK Muhammadiyah 2 Malang

Rarabella Putri Saraswati

Abstrak


ABSTRAK

 

Saraswati, Rarabella Putri. 2017. Pengaruh Prestasi Belajar dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi pada siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 2 Malang Skripsi, S1 Pendidikan Akuntansi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Tuhardjo, S.E.,M.Si.,Ak.

 

Kata Kunci: Prestasi Belajar, Sosial Ekonomi, Minat

Pendidikan tidak hanya cukup sampai pada tingkat dasar saja tetapi masih ada jenjang pendidikan atasnya berupa pendidikan menengah sampai perguruan tinggi yang dapat ditempuh oleh peserta didik. Seiring dengan berjalannya waktu dan pembangunan dibidang pendidikan, peran perguruan tinggi sangat penting. Peran perguruan tinggi sangat penting untuk menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat serta memiliki kemampuan akademik dan profesional yang dapat menerapakan, mengembangkan dan menciptakan ilmu pengetahuan teknologi . Faktor yang mempengaruhi minat siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi salah satunya adalah prestasi belajar yang baik akan mendukung minat siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh prestasi belajar terhadap minat melanjutkan ke Perguruan Tinggi pada siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 2 Malang (2) pengaruh status sosial ekonomi orang tua tehadap minat melanjutkan ke Perguruan Tinggi pada siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 2 Malang.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 2 Malang sebanyak 59 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan kuisioner. Jenis penelitian yang digunakan adalah rancangan eksplanatif, dengan teknis analisis korelasi sederhana.

Temuan penelitian menunjukkan  bahwa (1) prestasi belajar tidak berpengaruh terhadap minat melanjutkan ke perguruan Tinggi pada siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 2 Malang (2) status sosial ekonomi orang tua tidak berpengaruh terhadap minat melanjutkan ke perguruan Tinggi pada siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 2 Malang.

 

Saran yang dapat direkomendasikan terkait dengan hasil penelitian yang didapatkan adalah (1)pihak sekolah diharapkan tetap selau memberi arahan dan dorongan serta memberi informasi kepada siswa bahwa menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi sangat penting untuk masa depan mereka (2)Bagi orang tua hendaknya selau membimbing dan memberikan arahan tentang pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi sangat penting untuk dimasa depan anaknya dan memberikan dukungan berupa fasilitas belajar (3)Bagi siswa diharapkan memiliki keinginan dan rasa ketertarikan yang tinggi terhadap minat melanjutkan ke Perguruan Tinggi sehingga dapat mengembangkan kemampuan yang telah dimilikinya.(4)Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian dengan memperhatikan variabel-variabel lain di luar penelitian yang telah dilakukan .Selain itu untuk memperoleh data secara lebih mendalam juga perlu ditambahkan metode wawancara.