SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Makna Peranan Bidang Keberatan, Banding Dan Pengurangan (KBP) Dalam Menangani Masalah Keberatan Sebagai Sarana Wajib Pajak Untuk Memperoleh Keadilan Di Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Timur III

Sulistyami Sulistyami

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui makna peranan bidang Keberatan Banding dan Pengurangan (KBP) di Kanwil DJP Jawa Timur III. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode studi kasus. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen manusia yaitu peneliti sendiri. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi.

 

Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil dari penelitan ini bahwa makna peranan bidang KBP di kanwil DJP Jatim III adalah sebagai pemfilter dan memastikan bahwa pajak yang dipungut oleh pemerintah adalah hak negara, serta cenderung sebagai pengadil karena berhak untuk memutuskan suatu sengketa yang terjadi antara wajib pajak dengan pemeriksa sesuai peraturan.Akan tetapi, terkait dengan harapan pegawai pajak untuk bidang KBP ditemukan bahwa penanganan tentang keberatan pajak tidak harus melalui bidang KBP karena hal tersebut dirasa kurang efektif. Permasalahan tersebut dapat langsung diselesaikan dipengadilan karena proses keberatan itu dokumen maupun aturan pajaknya yang digunakan adalah sama dengan pemeriksa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bidang KBP diKanwil DJP Jatim III memiliki peran yang sangat pentingsebagai tempat untuk menyampaikan keluhan bagi wajib pajak untuk memperoleh keadilan terkait dengan sengketa yang dihadapi dengan pihak pemeriksa akibat diterbitkannya Surat Ketetapan pajak.