SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Resonsibility Sebagai Variabel Moderasi (Studi pada Perusahaan High-Profile yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2015)

Arista Fitrianingtyas

Abstrak


ABSTRAK

 

Fitrianingtyas, Arista. 2017. Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi (Studi pada Perusahaan High-Profile yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. Bambang Sugeng, S.E., M.A., M.M., Ak.

 

Kata Kunci: Economic Value Added, Corporate Social Responsibility, nilai perusahaan, perusahaan high-profile

Meningkatkan nilai perusahaan berarti meningkatkan kesejahteraan pemegang saham dengan memaksimalkan kekayaan pemegang saham yang dilakukan dengan memaksimalkan harga saham perusahaan. Berdasarkan teori valuasi dalam pendekatan diskonto menyatakan bahwa harga saham atau dalam hal ini nilai perusahaan ditentukan oleh laba atau profitabilitas perusahaan dengan memperhitungkan biaya modal. Salah satu pengukuran kinerja keuangan yang mampu mengukur profitabilitas yang sebenarnya karena memperhitungkan biaya modal adalah Economic Value Added (EVA). Pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan dapat dipengaruhi oleh pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai salah satu upaya perusahaan dalam menjaga reputasinya dalam rangka peningkatan nilai perusahaan dengan menggeser pola tujuan yang semula economic measurement ke arah memperhitungkan faktor sosial. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui 1) pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan; dan 2) pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan dengan pengungkapan CSR sebagai variabel moderasi.

Populasi penelitian ini adalah perusahaan high-profile yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh 123 sampel. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dan eksplanatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dan dikumpulkan menggunakan teknik dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana dan Moderated Regression Analysis (MRA).

 

Berdasarkan hasil analisis data, kesimpulan hasil penelitian adalah kinerja keuangan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap nilai perusahaan dan pengungkapan CSR secara signifikan berperan sebagai variabel pure moderator yang memoderasi dan memperkuat hubungan antara kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan. Keterbatasan penelitian ini adalah terjadi autokorelasi dan pengukuran variabel pengungkapan CSR. Saran untuk perusahaan adalah sebaiknya mampu mengantisipasi risiko dari faktor eksternal dan meningkatkan pengungkapan CSR dalam rangka peningkatan nilai perusahaan. Saran untuk investor adalah sebaiknya mengkaji faktor lain dan menjadikan pengungkapan CSR sebagai dasar pertimbangan dalam pengambilan keputusan investasi. Saran untuk penelitian selanjutnya antara lain 1) penggunaan periode penelitian dimana kondisi ekonomi global maupun domestik stabil; 2) penggunaan alokasi biaya CSR sebagai pengukuran variabel pengungkapan CSR; dan 3) penambahan variabel independen yang berasal dari faktor eksternal perusahaan.