SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Pelaksanaan Computer Based Test (CBT) di SMK Negeri 1 Turen

Sofiyatul Fitriyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Fitriyah, Sofiyatul. 2017. Analisis Pelaksanaan Computer Based Test (CBT) di SMK Negeri 1 Turen. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Nujmatul Laily, S.Pd., M.SA.

 

Kata Kunci: computer based test, technology acceptance model

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan computer based test (CBT), pelaksanaan computer based test (CBT), dan kendala dari pelaksanaan CBT untuk UTS dan UAS di SMK Negeri 1 Turen.

Penelitian ini merupakan penelitian fenomenologi dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa akuntansi di SMK Negeri 1 Turen. Metode pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman.

 

Hasil penelitian menunjukkan data sebagai berikut: (1) Perencanaan computer based test (CBT) untuk UTS dan UAS di SMK Negeri 1 Turen meliputi perumusan tujuan, pemilihan petugas CBT, penyiapan sistem untuk CBT, penyiapan sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk pelaksanaan ujian, sosialisasi untuk guru dan siswa, penyiapan soal ujian, simulasi CBT. (2) Pelaksanaan computer based test (CBT) untuk UTS dan UAS di SMK Negeri 1 Turen menjadi tanggung jawab proktor dan teknisi. Tugas guru selama CBT berlangsung hanya sebagai pengawas ujian dan pengolah nilai ujian siswa. (3) Kendala dalam pelaksanaan CBT antara lain koneksi internet yang trouble, pemadaman listrik, dan siswa dapat melakukan browsing dengan mudah. Upaya-upaya untuk mengatasi kendala tersebut adalah memberikan pengarahan yang tepat kepada guru sebagai pengawas ujian CBT, mempersiapkan genset yang cukup, memperkuat sinyal wifi dan memperbesar server agar koneksi internet stabil.