SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kompetensi Profesional Guru dan Fasilitas Di Sekolah Melalui Motivasi Belajar terhadap Prestasi Siswa Kelas X Akuntansi di SMK Islam Batu

Nur Hasnia Wati

Abstrak


ABSTRAK

 

Nurhasniawati. 2017. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kompetensi Profesional Guru dan Fasilitas Di Sekolah Melalui Motivasi Belajar terhadap Prestasi Siswa Kelas X Akuntansi di SMK Islam Batu. Skripsi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Tuhardjo, S.E., M.Si., Ak.

 

Kata kunci: Persepsi Siswa tentang Kompetensi Profesional Guru, Fasilitas di Sekolah, Motivasi Belajar, Prestasi Siswa

Kompetensi profesional guru sangat diperlukan dalam proses belajar mengajar, karena guru merupakan sosok terdepan dalam pelaksanaan pendidikan. Semakin baik kompetensi profesional guru, maka akan menambah motivasi siswa dalam belajar yang kemudian akan berpengaruh terhadap tujuan pendidikan. Faktor lain yang mempengaruhi tujuan pendidikan adalah fasilitas yang mendukung pembelajaran di sekolah. Fasilitas di sekolah yang memadai memungkinkan siswa dalam kegiatan belajar mengajar akan efektif dan efisien.

Dari kompetensi profesional guru dan fasilitas di sekolah dapat menciptakan suasana dalam belajar menjadi nyaman dan optimal sehingga menumbuhkan persepsi siswa yang positif. Dengan persepsi siswa yang positif tersebut akan menumbuhkan motivasi belajar siswa, hal ini akan dapat mempengaruhi tindakan siswa dalam mencapai tujuannya, yaitu prestasi belajar yang memuaskan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Deskripsi persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru, dan fasilitas di sekolah. (2) Deskripsi motivasi belajar dan prestasi siswa. (3) Pengaruh secara langsung persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dan fasilitas di sekolah terhadap prestasi siswa kelas X Akuntansi di SMK Islam Batu. (4) Pengaruh secara langsung motivasi belajar terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran Pengantar Akuntansi kelas X Akuntansi di SMK Islam Batu. (5) Pengaruh secara tidak langsung persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dan fasilitas di sekolah melalui motivasi belajar terhadap prestasi siswa kelas X Akuntansi di SMK Islam Batu. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis statistik inferensial dengan regresi linier berganda dan analisis jalur (Path Analysis).

 

Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan: (1)  Guru mata pelajaran Pengantar Akuntansi kelas X AK diharapkan dapat meningkatkan kompetensi profesional dengan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, dan mengikuti seminar atau pelatihan untuk mengembangkan kompetensinya serta dapat memperluas ilmu di bidang yang ditekuninnya. (2) Bagi Pimpinan lembaga, Pimpinan sekolah diharapkan dapat mengadakan, memfasilitasi dan memberikan kesempatan kepada guru SMK Islam Batu untuk mengikuti beberapa seminar dan pelatihan profesi guru untuk menunjang profesinya dan pihak sekolah dapat mengembangkan fasilitas di sekolah yang lebih baik. (3) Bagi siswa SMK Islam Batu dapat meningkatkan motivasi intrinsiknya, karena demikian hasrat untuk berprestasi akan terus melekat pada diri siswa. (4) Bagi peneliti selanjutnya dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai referensi untuk pengembangan analisis penelitian selanjutnya