SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Persepsi Siswa tentang Gaya Mengajar Guru dan Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar yang Dimediasi oleh Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI Perbankan di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi

Intan Nur Agnes Octaviana

Abstrak


ABSTRAK

 

Octaviana, Intan, N. A. 2017. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Gaya Mengajar Guru dan Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar yang Dimediasi oleh Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI Perbankan di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Skripsi, S1 Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang.Pembimbing : (1) Dr. Sunaryanto, M.Ed

 

Kata Kunci: Persepsi Siswa tentang  Gaya Mengajar Guru, Penggunaan Media Pembelajaran, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Proses belajar mengajar merupakan inti dari kegiatan dalam pendidikan dengan guru sebagai pemeran utama. Gaya guru dan penggunaan media pembelajaran dalam mengajar akan mempengaruhi motivasi siswa untuk belajar yang selanjutnya berdampak pada hasil pencapaian tujuan pembelajaran.Gaya guru dalam mengajar dan penggunaan media dalam pembelajaran dapat menciptakan ketertarikan dan kenyamanan siswa sehingga akan menumbuhkan persepsi dalam diri siswa. Dengan persepsi siswa yang positif maka akan memicu motivasi belajar dalam diri siswa yang selanjutnya berdampak pada tindakan siswa dalam mencapai hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui (1)  Deskripsi persepsi siswa tentang gaya mengajar guru dan penggunaan media pembelajaran (2) Deskripsi motivasi dan hasil belajar siswa (3) Pengaruh secara langsung persepsi siswa tentang gaya mengajar guru, penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa (4) Pengaruh secara tidak langsung persepsi siswa tentang gaya mengajar guru dan penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar yang dimediasi oleh motivasi belajar pada mata pelajaran Akuntansi kelas XI Perbankan di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi.

 Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Perbankan SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi yang berjumlah 88 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Likert dengan 4 opsi jawaban.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Data yang diperoleh di analisis terlebih dahulu untuk memenuhi uji prasyarat uji hipotesis, dan selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan analisis statistik deskriptif, statistik inferensial dan analisis jalur.

 

Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa adanya pengaruh  secara langsung antara persepsi siswa tentang gaya mengajar guru, penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa, serta adanya pengaruh secara tidak langsung antara persepsi siswa tentang gaya mengajar guru dan penggunaan media pembelajaran yang dimediasi motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Hal ini membuktikan bahwa semakin baik persepsi siswa terhadap guru maka semakin tinggi motivasi belajar yang tumbuh dalam diri siswa yang kemudian akan berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa. Pengaruh yang ditimbulkan secara bersama-sama dalam penelitian ini adalah sebesar 73.3% dan sisanya disebabkan variabel lain.