SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH FAKTOR FUNDAMENTAL TERHADAP BETA SAHAM (Studi Pada Perusahaan yang Terdaftar Dalam Indeks Kompas 100 Periode 2013-2015)

Luluk Anisa, Luluk Anisa

Abstrak


ABSTRAK

 

Investasi adalah penundaan konsumsi sekarang untuk dimasukkan ke aktiva produktif selama periode waktu yang tertentu. Dalam berinvestasi selain memperoleh return investor juga harus menanggung risiko. Terdapat dua jenis risiko yaitu risiko tidak sistematis yang dapat didiversifikasi dan risiko sistematis  yang tidak dapat didiversifikasi dan mempengaruhi seluruh perusahaan. Beta merupakan pengukur risiko sistematis (systematic risk) dari suatu sekuritas atau portofolio relatif terhadap risiko pasar. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui 1) Pengaruh Current Ratio terhadap beta saham; 2) Pengaruh Debt to Equity Ratio terhadap beta saham; 3) Pengaruh Net Profit Margin terhadap beta saham; dan 4) Pengaruh Asset size terhadap beta saham.

Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar dalam indeks kompas 100 tahun 2013-2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 53 perusahaan dengan 3 tahun penelitian. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dengan pendekatan positivistik dan berdasarkan tujuannya penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksplanatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id dan yahoo finance. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis regresi berganda.

 

Berdasarkan hasil analisis data diperoleh empat kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, Current Ratio berpengaruh positif signifikan terhadap beta saham. Kedua, Debt to Equity Ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap beta saham. Ketiga, Net Profit Margin tidak berpengaruh signifikan terhadap beta saham. Keempat, Asset Size berpengaruh positif signifikan terhadap beta saham. Penelitian ini memiliki keterbatasan yaitu dalam hasil uji penelitian ini diperoleh Adjusted R Square sebesar 10,7% yang berarti variabel independen dalam penelitian hanya mampu mempengaruhi variabel dependen sebesar 10,7% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Saran untuk tema penelitian yang sejenis adalah peneliti disarankan memasukkan variabel lain misalnya variabel makro ekonomi sehubungan dengan beta saham yang merupakan pengukur dari risiko sistematis.