SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Ukuran KAP, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage Terhadap Audit Delay (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2014)

Diandra Kusuma Wardani

Abstrak


ABSTRAK

 

Wardani, Diandra Kusuma. 2017. Pengaruh Ukuran KAP, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage Terhadap Audit Delay (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2014). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Hj. Yuli Widi Astuti, S.E., M.Si., Ak. (2) Dr. Dodik Juliardi, S.E., M.M., Ak.

 

Kata Kunci: Audit Delay, Ukuran KAP, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran KAP, ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage terhadap audit delay pada perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Ukuran KAP diukur menggunakan variabel dummy yaitu 0 unutk KAP tidak berafiliasi dengan the big four dan 1 untuk KAP berafiliasi dengan the big four, ukuran perusahaan diukur mengunakan log natural total aset, profitabilitas menggunakan return on asset (ROA) dan leverage menggunakan debt to total asset (DAR).

Penelitian ini menggunakan populasi perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2014. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, dan diperoleh sebanyak 10 perusahaan yang mengalami audit delay. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksplanasi dengan menghubungkan ukuran KAP, ukuran perusahaan, profitabilitas, dan leverage terhadap audit delay menggunakan uji Regresi Berganda.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh negatif signifikan ukuran KAP terhadap audit delay. Ini menandakan perusahaan yang menggunakan KAP berafiliasi the big four dapat mengurangi adanya audit delay. (2) Terdapat pengaruh negatif signifikan ukuran perusahaan terhadap audit delay. Ini menandakan semakin besar perusahaan, maka kemungkinan adanya audit delay semakin kecil. (3) Terdapat pengaruh negatif signifikan profitabilitas terhadap audit delay. Ini menandakan semakin besar profit suatu perusahaan, maka semakin kecil adanya audit delay. (4) Terdapat pengaruh positif signifikan leverage terhadap audit delay. Ini menandakan semakin besar leverage perusahaan, maka semakin besar pula kemungkinan terjadinya audit delay.