SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Karakteristik Komite Audit dan Kualitas Auditor Terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015)

Muhammad Hadian Hasan Al Qadry

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh karakteristik komite audit dan kualitas auditor terhadap manajemen laba (studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2013-2015). Karakteristik komite audit diproksikan oleh tiga variabel yaitu independensi komite audit, ukuran komite audit, dan kompetensi komite audit. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2013-2015. Motode pemilihan sampel menggunakan porposive sampling, diperoleh sampel sebanyak 51 perusahaan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis data sekunder, teknik pengambilan data adalah dokumentasi yang bersumber dari ICMD dan www.idx.co.id. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS versi 21.

Hasil pengujian dengan analisis regresi berganda menyimpulkan bahwa karakteristik komite audit yang diproksikan oleh independensi komite audit, ukuran komite audit, dan kompetensi komite audit dan kualitas auditor berpengaruh negatif signifikan terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2013-2015.